Bawaslu Balikpapaan gelar Rapat Koordinasi, Rabu sore 13 April 2022
Kabar Ibu Kota

Bawaslu Tunggu Tahapan Persiapan Pemilu

  • IBUKOTAKINI.COM – Pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2024 semakin mendekati hari. Sejumlah tahapan pemilu segera dilaksanakan. Tahapan pers
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2024 semakin mendekati hari. Sejumlah tahapan pemilu segera dilaksanakan. 

Tahapan persiapan pemilu bukan hanya dilaksanakan penyelenggara KPU. Namun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga ikut serta melakukan persiapan.  

Ketua Bawaslu Kota Balikpapan, Agustan mengatakan bahwa saat ini Bawaslu masih menunggu tahapan persiapan pelaksanaan pemilu dan pilkada yang ditetapkan. 

“Peraturan Komisi Pemilihan Umum  (PKPU) tentang program jadwal dan tahapan, karena saat ini masih berupa draf rancangan,” kata Agustan, dalam kegiatan rapat koordinasi dengan para awak media, Rabu malam, 13 April 2022.

Agustan menambahkan, pasca Pimpinan Bawaslu dan KPU dilantik 12 April kemarin,  elemen-elemen penting baik dari pemerintahan seperti Kemendagri, Komisi II DPR RI dan juga penyelenggara pemilu seperti KPU Bawaslu dan DKPP hari ini membahas rancangan draf PKPU. 

“Kami berharap setelah ini dibahas, tujuh hari ke depan PKPU terkait dengan program dan tahapan bisa disahkan, sehingga amanat undang-undang di pasal 162 menyebutkan tahapan pelaksanaan pemilu paling lambat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara segera dimulai,” ujarnya. 

Sehingga disimpulkan paling lambat nanti tanggal 14 Juni atau 16 Juni di tahun 2022 ini tahapan pemilu sudah dimulai.  

Kata Agustan,  yang mana dalam PKPU itu akan membahas penyusunan program kegiatan, anggaran dan pembentukan panitia ditingkat kecamatan.

“Untuk awal persiapan, Bawaslu akan mulai di bulan Agustus yaitu tahapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik selaku peserta pemilu di tahun 2024,” pungkasnya.