BBGRM Bersama LPM Se Kota Balikpapan Resmi Berlangsung
Daerah

BBGRM Bersama LPM Se Kota Balikpapan Resmi Dimulai

  • BALIKPAPAN - Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dilaksanakan di Bendali Wonorejo Kelurahan Gunung Samarinda,
Daerah
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dilaksanakan di Bendali Wonorejo Kelurahan Gunung Samarinda, pada Sabtu, 2 Maret 2024.

Pencanangan ditandai dengan penyerahan alat kebersihan seperti sapu, serok, cangkul, bak sampah dan alat kebersihan lainnya kepada seluruh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di Kota Balikpapan. Pencanangan BBGRM berlangsung mulai bulan Maret sampai bulan awal April 2024.

Kegiatan ini juga melauching Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak serta Kelurahan Layak Anak. Kegiatan di buka secara langsung oleh Asisten I Bidang Tata Pemerintahan Setda Kota Balikpapan, Zulkipli.

"Kita Ketahui kegiatan gotong royong dilaksanakan tidak hanya dibidang kerja bakti saja melainkan dibidang pemberdayaan ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan," jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Alwiaty.

Walaupun dalam suasana bulan ramadan nanti, ia yakin semangat dari seluruh LPM beserta jajaran dapat melaksanakan dengan baik. Momentum bulan ramadhan merupakan momentum yang sangat baik, sehingga masyarakat dapat melaksanakan dapat melaksanakan bulan ramadan dengan khusyuk, kota bersih indah dan nyaman dalam melaksanakan ibadah.

Anggaran pemberdayaan masyarakat yang dikeluarkan langsung oleh masyarakat untuk kegiatan masyarakat semakin tahun semakin meningkat, setiap tahun Rp 86 miliar lebih dikeluarkan masyarakat. 

BACA JUGA:

"Kita beri apresiasi yang luar biasa, bersama dengan LPM kita bisa melaksanakan semua ini. Ternyata masyarakat kota Balikpapan cukup luar biasa kepeduliannya, guyub serta gotong royong yang bisa kita manfaatkan untuk melaksanakan pembangunan di Kota Balikpapan," terangnya.

Bersama LPM, kegiatan gotong royong dapat terlaksana dengan baik dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat. 

"Kegiatan gotong royong itu sudah menjadi cerminan bangsa Indonesia dan menjadi budaya kita. Ini yang terus kita gaungkan terus menerus," ucapnya.

Alwi mengatakan Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak serta Kelurahan Layak Anak merupakan upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Balikpapan untuk mewujudkan setiap kelurahan, dimana setiap gender baik perempuan dan laki-laki mempunyai hak untuk mengakses pembangunan tidak hanya penikmat pembangunan tetapi juga memberikan kontribusi kepada pembangunan.

"Ini bagian dari perwujudan kota kita sebagai kota layak anak dan kita sudah mendapatkan penghargaan dalam kategori utama, salah satu penghargaan yang luar biasa untuk kota kita, karena tidak semua kita di Indonesia mendapatkan penghargaan ini sehingga ini menjadi kebanggaan bagi semua masyarakat Balikpapan," sebutnya. (Adv/Diskominfo Balikpapan)