Sutadi
Politik

Beda Eforia Pilkada dan Pileg, Pengamanan Terus Digencarkan

  • Saat ini yang dilakukan adalah upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Bakesbangpol sudah menyiapkan langkah-langkah, yakni dalam waktu dekat akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah SMA/SMK/MTS yang akan dimulai pada tanggal 27 Agustus mendatang.
Politik
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Balikpapan telah mengucurkan dana hibah kepada Polda dan Kodim 0905/Balikpapan, untuk melakukan Pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024.

"Insyaallah akan berjalan aman, karena kan sudah ada aparat kemanan baik dari Polda dan Kodam sudah menjalankan tugasnya. Untuk PAM Pilkada sendiri Polda dan Kodim sudah mendapatkan dana hibah untuk itu," jelas Kepala Bakesbangpol Balikpapan, Sutadi saat ditemui disela-sela rapat paripurna DPRD Balikpapan, di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, pada Senin, 19 Agustus 2024.

Oleh karena itu, Sutadi yakin TNI Polri sudah siap mengamankan Pilkada di Kota Balikpapan. Meskipun, Kota Balikpapan tetap kondusif, walaupun yang diharapkan memang seperti itu.

"Memang kita harus berjaga-jaga dan  mengantisipasi, apalagi Pileg dan Pilkada beda eforia nya dari segi emosional juga beda. Saya yakin sudah diantisipasi oleh TNI Polri selaku  pengamanan Pilkada sudah siap semua. Termasuk, KPU dan Bawaslu," terangnya.

BACA JUGA:

Saat ini yang dilakukan adalah upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. Bakesbangpol sudah menyiapkan langkah-langkah, yakni dalam waktu dekat akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah SMA/SMK/MTS yang akan dimulai pada tanggal 27 Agustus mendatang.

"Kesbangpol dengan KPU, Bawaslu dan narasumber lainnya, bagaimana melakukan sosialisasi agar mereka memahami bahwa Pilkada ini untuk kepentingan kota ini. Siapapun yang dipilih silahkan yang sudah mempunyai hak suara dapat memilih sesuai dengan hati nurani," paparnya.

Adapun anggaran keamanan pengamanan pilkada yang menggunakan dana hibah untuk Polres sekitar Rp 13 Miliar dan Kodim 0905/Balikpapan sekitar Rp 2,5 miliar. ***