Jamaah salat Idulfitri 1444 Hijriah di halaman Bukopin Balikpapan, Jumat, 21 April 2023.
Kabar Ibu Kota

Beri Pidato Idulfitri, Wali Kota Balikpapan Singgung Pemilu

  • IBUKOTAKINI.COM – Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud mengajak seluruh masyarakat tetap menjaga persatuan, mewaspadai isu dan berita hoaks menjelang pemilu
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud menyinggung tahun politik dalam pidato menyambut perayaan Idulfitri 1444 H/2023 M. Pesan itu disampaikan wali kota sebelum pelaksanaan salat Idulfitri yang digelar Pengurus Daerah Muhammdiyah Balikpapan, Jumat, 21 April 2023. 

“Saat ini kita telah memasuki tahun politik, untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat tetap menjaga persatuan, mewaspadai isu dan berita hoaks menjelang pemilu,” kata Rahmad Mas’ud dalam sambutan yang dibacakan Kurnia Effendi. 

Ia juga mengingatkan komitmen seluruh masyarakat dalam menyambut pesta demokrasi, dan memilih pemimpin nasional yang baik. 

Pada bagian lain, Rahmad Mas’ud juga berharap perayaan Idulfitri juga menjadikan kaum muslim kembali ke fitrahnya. “Kita berharap Ramadan yang baru saja dijalani, menjadi sarana menempa diri. Kembali ke fitrah, menjadi lebih baik keimanan dan ketakwaaan kita. Sekaligus lebih baik dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” katanya.

Idulfitri diharapkan membawa kembali kebersihan hati, prasangka yang baik serta semangat menebar cinta kasih dan kedamaian dalam masyarakat.

BACA JUGA:

Wali kota juga menyinggung situasi pandemi yang secara perlahan dapat diatasi, sehingga aktivitas masyarakat kembali dan meningkatnya ekonomi daerah. 

“Balikpapan pintu gerbang IKN, tugas kita untuk berkolaborasi dan sinergi menjadi kota yang representatif dan dibanggakan bangsa Indonesia,” imbuhnya. 

Dengan adanya kebijakan pemindahan ibu kota negara, maka ada konsekuensi, balikpapan mengalami penambahan jumlah penduduk. Juga berbagai proyek pembangunan yang saat ini sedang dijalankan, membuat kenyamanan masyarakat terganggu. 

“Kami mengapresiasi masyarakat yang telah bersabar demi  pembangunan kota yang lebih baik,” ujarnya.  

Dalam kesempatan itu, Rahmad Mas’ud juga menyampaikan apresiasi atas kesadaran masyarakat Balikpapan membayar zakat. Tahun lalu, Balikpapan mampu mengumpulkan zakat infak dan sedekah sebesar Rp 38 miliar. Sementara tahun ini, tercatat sudah terkumpul Rp 10 miliar. 

Terakhir, wali kota juga mengingatkan kondisi perubahan iklim dan fenomena cuaca ekstrem yang terjadi di berbagai wilayah Indonesia. Termasuk Kota balikpapan.  ###