Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud
Kabar Ibu Kota

Berita Acara Raperda APBD 2023 Disetujui, Wali Kota Instruksikan Lelang Dini

  • IBUKOTAKINI.COM – Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud SE, ME menginstruksikan kepala organisasi perangkat daerah segera melakukan lelang setelah berita aca
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud SE, ME menginstruksikan kepala organisasi perangkat daerah segera melakukan lelang setelah berita acara nota persetujuan bersama Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2023, ditandatangani. 

Hal itu sebagai bagian dari upaya pemerintah Kota Balikpapan mempercepat proses pembangunan, sehingga dapat menggerakkan ekonomi masyarakat sejak awal tahun. 

Pernyataan ini disampaikan Wali Kota usai Rapat Paripurna Pendapat Akhir Fraksi DPRD atas Jawaban Wali kota Kota Balikpapan terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang APBD Tahun Anggaran (TA) 2023 dan Penandatanganan Berita Acara Persetujuan Bersama Wali Kota Dan DPRD, di Hotel Platinum Balikpapan, Selasa (29/11/2022). 

“APBD Tahun 2023 yang telah ditandatangani sudah dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan pelelangan proyek tahun 2023,” ungkap Wali Kota Rahmad Mas’ud melalui Rapat Paripurna ke-29 Masa Sidang III Tahun 2022 yang dipimpin Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh didampingi Wakil Ketua Sabaruddin, Subari dan Budiono. 

BACA JUGA:

Dengan lelang yang lebih awal, menurut wali kota, pengerjaan proyek-proyek pemerintah dapat diselesaikan pada bulan Agustus atau September 2023. Bukan di penghujung tahun anggaran. 

“Hari ini raperda APBD 2023 dapat disetujui bersama. Dan Insyaallah pada minggu kedua bulan Desember 2022 akan ditetapkan menjadi peraturan daerah. Tentunya setelah dilakukan evaluasi gubernur yang ditarget minggu pertama bulan Desember 2022,” imbuhnya. 

“Harapan kita, dengan ditandatangani berita acara ini bisa meningkatkan kinerja pemerintah kota dalam melaksanakan APBD TA 2023 yang dapat dimulai pada awal Januari tahun 2023,” kata Wali Kota. 

Dengan demikian, Wali Kota menyebut tidak ada alasan bagi perangkat daerah terlambat dalam melaksanakan program dan kegiatan. 

“Kalau program dilaksanakan tepat waktu, pada akhirnya pemanfaatan dan daya serap anggaran dapat direalisasikan secara maksimal,” urai Wali Kota pada rapat paripurna yang dihadiri sejumlah stakeholder. 

Adapun total Pendapatan Daerah Kota Balikpapan tahun 2023 sebesar 3,4 triliun, belanja daerah Rp 3,5 triliun, defisit sebesar Rp134 miliar dan penerimaan biaya Rp 177 miliar lebih dan pengeluaran pembiayaan silva tahun berjalan nihil. Ringkasan RAPBD mengalami penyesuaian baik dari sisi penerimaan dan sisi belanja. ###