Pengguna smartphone atau tablet Android tampaknya sering dihadapkan dengan berbagai tantangan, salah satunya yaitu soal mengisi daya atau baterai ponsel. Masalah mengenai pengisian daya ini bisa jadi layar perangkat Android jadi hitam atau kosong lalu tidak mau hidup bahkan setelah di-charge.
Tekno

Bingung Smartphone Android yang Tidak Mau Isi Daya, Begini Caranya

  • IBUKOTAKINI.COM - Pengguna smartphone atau tablet Android tampaknya sering dihadapkan dengan berbagai tantangan, salah satunya yaitu soal mengisi
Tekno
mala

mala

Author

JAKARTA, IBUKOTAKINI.COM - Pengguna smartphone atau tablet Android tampaknya sering dihadapkan dengan berbagai tantangan, salah satunya yaitu soal mengisi daya atau baterai ponsel. Masalah mengenai pengisian daya ini bisa jadi layar perangkat Android jadi hitam atau kosong lalu tidak mau hidup bahkan setelah di-charge.

Jika Anda merasakan hal yang sama, jangan khawatir. Ada beberapa tips yang direkomendasikan oleh Google untuk mengatasi masalah Anda tersebut.

Cara Mengatasi Ponsel Android yang Tidak Dapat Mengisi Daya

Berikut beberapa tips mudah dan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ponsel Android yang tidak mau terisi dayanya.

1. Restart Ponsel

Jika Anda mengalami masalah di mana ponsel atau tablet Anda menyala sebentar lalu langsung menjadi hitam lagi, Google merekomendasikan agar Anda mencoba menahan tombol daya pada ponsel selama lima hingga tujuh detik agar ponsel melakukan restart atau memulai ulang. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa mencoba mengatasi masalah false charging. Jika tips ini juga tidak berhasil, Anda bisa mencoba tips berikutnya.

BACA JUGA:

2. Periksa Kabel Pengisi Daya

Google merekomendasikan pengguna untuk melakukan pemeriksaan kabel pengisi daya dan port pengisi daya perangkat yang ada di luar. Anda bisa mencoba menyambungkan kabel tersebut ke perangkat lain untuk memeriksa apakah kabel masih bisa berfungsi, dan harus memastikan bahwa kabel tersambung dengan benar ke pengisi daya yang ada di perangkat.

Anda juga sebaiknya memastikan bahwa tidak ada benda-benda asing lainnya yang menyangkut di port pengisian daya perangkat seperti debu atau serat-serat. Selain itu, cobalah untuk melepas aksesori ponsel terlebih dahulu seperti case ponsel. Terakhir, Anda bisa mencoba memeriksa apakah stopkontak yang Anda gunakan berfungsi dengan baik, dengan cara menghubungkannya dengan perangkat atau alat lainnya.

3. Periksa Apakah Baterai Ponsel Anda Benar-benar Habis

Ada saatnya ponsel Android tidak menyala bahkan setelah terhubung ke pengisi daya yang benar-benar berfungsi. Hal ini bisa terjadi ketika baterai perangkat Android benar0benar habis.

Jika Anda melihat ikon baterai saat perangkat dimatikan dan sedang diisi, artinya baterai tidak benar-benar kosong dan pengguna dapat langsung memulai ulang. Namun, jika Anda hanya melihat lampu merah, artinya baterai perangkat telah habis sama sekali.

4. Perbaiki Masalah Layar

Jika tidak ada yang bisa membuat ponsel Android Anda mengisi daya, Anda bisa mulai mencoba memecahkan masalah tampilan ponsel secara manual. Anda perlu menekan tombol power sekitar 30 detik lalu tunggulah sekitar 2 menit.

Kemudian, cobalah membuat perangkat Anda berdering, dengan cara melakukan panggilan dari perangkat lain atau menggunakan fitur Find My Device. Jika perangkat Anda tetap berdering, Anda bisa mencoba melakukan servis dengan meminta bantuan profesional untuk mengatasi masalah layar ponsel Anda.(*)