Suasana pertemuan BNPB dengan Gubernur Kaltim, Isran Noor.
Kabar Ibu Kota

BNPB Monitor Penanganan Corona di Kaltim

  • Kegiatan tersebut bertujuan mempercepat penanganan pandemi Covid-19

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  melakukan monitoring pelaksanaan Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kalimantan Timur. Kegiatan tersebut bertujuan mempercepat penanganan pandemi Covid-19 di seluruh wilayah calon ibu kota negara.

Liaison Officer (LO) BNPB, Brigjen TNI (Purn) Nanang Hariyanto mengatakan, pihaknya juga ingin mengetahui berbagai kendala yang dialami daerah dalam penanganan dampak corona. “Pelaksanaan sinergitas dan monitoring terhadap Posko Gugus Tugas di daerah, sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19. Apakah sudah berjalan sesuai Tupoksinya," ujarnya.

Nanang Hariyanto  melanjutkan, pihaknya sudah melakukan monitoring terhadap Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim, yang ada di Samarinda, Balikpapan dan PPU. “Hasilnya sudah berjalan dengan baik. Walaupun masih ada yang perlu dibenahi seperti koordinasi data dari kabupaten/kota ke provinsi,” ungkap Nanang.

Sementara Gubernur Kaltim, Isran Noor mengatakan sejak dibentuknya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim, telah melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik.

 “Kita juga sudah menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) dari masyarakat maupun perusahaan, termasuk pengadaan sendiri. Semuanya sudah dilaksanakan secara transparan ke masing-masing daerah khususnya rumah sakit rujukan yang menangani pasien Covid-19, “ tandasnya.

Isran Noor memaparkan berbagai upaya yang telah dilaksanakan Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 provinsi maupun kabupaten/kota dan Dinas Kesehatan dalam upaya meminimalisir penularan virus Corona, termasuk menginformasikan data-data update perkembangan Covid-19 ke masyarakat melalui video conference.

Tampak hadir Penjabat Sekdaprov Kaltim HM Sa’bani, Danrem 091/ASN Kolonel Inf Cahyo Suryo Putro, Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kaltim H Nazrin.