Komunitas Bold Riders Tanah Grogot tahun ini bisa merayakan Iduladha 1442 H dengan memotong dan membagikan hewan kurban serta ikut berpartisipasi dalam memecahkan rekor MURI.
Komunitas Kita

Bold Riders Tanah Grogot Gelar Kurban dan Ikut Kolaborasi Raih Rekor MURI

  • Komunitas Bold Riders Tanah Grogot tahun ini bisa merayakan Iduladha 1442 H dengan cara berbeda.
Komunitas Kita
Admin

Admin

Author

IBUKOTAKINI.COM—Komunitas Bold Riders Tanah Grogot tahun ini bisa merayakan Iduladha 1442 H dengan cara berbeda. Selain melakukan kegiatan potong hewan kurban dan membagikan dagingnya ke masyarakat kurang mampu, kumpulan anak-anak motor ini juga terlibat dalam kegiatan pemecahan rekor MURI.

Mereka ikut menjadi bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) tahun 2021. Bersamaan dengan momentum hari Kurban 1442 H, Kolaborasi KITA menggelar program #KITAberbagi2021 dengan tema ‘KITA Berbagi, Merajut Peduli Untuk Sesama’. 

Dalam program sosial ini  terlibat sebanyak 679 komunitas dengan lebih dari 14.000 anggota di 82 kabupaten/kota di Indonesia Timur. Namun, dalam pelaksanaannya, masing-masing komunitas hanya diwakili beberapa anggotanya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Komunitas yang terdiri dari Bold Riders, Super Friends, Heppiii Community, dan Kill The LAst ini berhasil mengumpulkan lebih dari 670 kambing dan 7 sapi. Hewan-hewan kurban itu kemudian dipotong dan dagingnya diberikan kepada ribuan anggota masyarakat yang berhak, yang tersebar di 82 kabupaten/kota.

“Sebuah kebanggaan bagi teman-teman Bold Riders menjadi bagian dari komunitas besar yang bisa ikut berbagi dalam perayaan Idul Adha ini. Semoga kawan-kawan Bold Riders Tanah Grogot bisa tetap solid di tengah pandemi ini,” ujar Fadi Amita Qorijan selaku Koordinator Acara, Rabu (22/7).

Dalam kegiatan ini, ada dua komunitas yang terlibat yaitu  Independent Beat Brotherhood (IBBP) & Super Moto Indonesia (SMI) Paser. Komunitas IBBP yang sudah 11 tahun berdiri ini pernah menjadi peserta ngaspal terjauh se indonesia di 26 Provinsi dalam sekali jalan, yang memakan waktu kurang lebih 1 bulan pada tahun 2015. Sementara Komunitas SMI Paser memiliki prestasi juara motor contest.

“Sebelum acara bagi-bagi bingkisan daging kurban, Bold Rider Tanah Grogot melakukan touring bersama. Rekan-rekan komunitas dengan antusias membantu proses kurban di Masjid, hingga mengemas daging menjadi paket dan siap dibagikan ke warga sekitar,” imbuhnya.

Kolaborasi KITA ini merupakan tahun kedua. Pada tahun 2020, kegiatan yang sama melibatkan 379 komunitas dengan donasi sebanyak 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing. Saat itu lebih dari 5.000 paket daging kurban berhasil dibagikan. 

Pembagian hewan kurban hasil inisiatif dari Kolaborasi KITA tahun 2021 ini semakin berarti. Pasalnya, program ini berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekornya adalah Pembagian Paket Daging Kurban Oleh Komunitas Terbanyak.

Bagi Kolaborasi KITA, ini adalah penghargaan ketiga dari MURI. Sebelumnya Rekor MURI pertama adalah Donor Darah oleh komunitas terbanyak. Sedangkan Rekor MURI kedua merupakan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam  program donor darah bertajuk "Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri" yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020.