ilustrasi (istimewa/net)
Kabar Ibu Kota

Bontang-Kukar Kolaborasi Atasi Air Bersih

  •  IBUKOTAKINI.COM –  Pemerintah Kota Bontang dan Kabupaten Kutai Kartanegara bekerja sama untuk mengatasi persoalan air baku. Daerah bertetangga itu mu
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM –  Pemerintah Kota Bontang dan Kabupaten Kutai Kartanegara bekerja sama untuk mengatasi persoalan air baku. Daerah bertetangga itu mulai menyamakan persepsi terkait pembahasan tarif air curah Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Marangkayu.  

Proyek penyediaan sarana kebutuhan pokok masyarakat itu akan didukung oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, dan diusulkan ke pemerintah pusat.

"Karena program ini adalah bagian dari prioritas Pemerintah Provinsi Kaltim dan telah masuk dalam RPJMD," kata Pejabat Fungsional Teknik Penyehatan Lingkungan Ahli Muda, Rahadian Adi Sapta dilansir Biro Adpim Setdaprov Kaltim.

Pemerintah provinsi menyiapkan dukungan pendanaan agar Bontang dapat memanfaatkan potensi sumber air berlebih di Kukar. Menurut Adi, Kementerian PUPR juga membantu program tersebut. Namun, diperlukan kajian untuk kelembagaan UPTD yang mengelola.

Sedangkan, waduk untuk mendukung SPAM sudah ada. Namun masih diperhitungkan bagaimana proses penggenangan waduk. Terpenting lagi mewujudkan SPAM ini adalah bagaimana perjanjian kerja sama (PKS) dengan berbagai pihak.

"Misalnya, siapa mengelola SPAM, bagaimana pendanaannya dan UPT yang melaksanakan seperti apa. Tentu harus dijelaskan dalam PKS," jelasnya. Diketahui, dalam pelaksanaan penyediaan air bersih terdapat kegiatan produksi bahan baku yang siap untuk dijual seperti produksi air.

Perhitungan Harga Pokok Produksi merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam menentukan harga jual/tarif air per meter kubik.

Hadir Tim Teknis Daerah Pendamping Kegiatan Penyusunan Dokumen Perencanaan SPAM Regional Kutai Kartanegara-Bontang, terdiri dari Tim Teknis Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Tim Teknis Daerah dari Kota Bontang, Tim Teknis Daerah dari Kabupaten Kutai Kartanegara, Tim Project Preparation Consultant (PPC) Kalimantan Timur.

Sebelumnya, Pemprov Kaltim berhasil menambah sarana air bersih di Kota Samarinda melalui IPA Bengkuring. Pemprov mulai berupaya memenuhi kebutuhan air bersih di Bontang. Daerah penghasil pupuk itu mulai krisis air baku, sehingga perlu didukung daerah tetangga, Kabupaten Kutai Kartanegara.