BPSDM Kaltim Siapkan Fasilitator Orientasi DPRD
Kabar Ibu Kota

BPSDM Kaltim Siapkan Fasilitator Orientasi DPRD

  • IBUKOTAKINI.COM – Kepala Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim, Nina Dewi, menugaskan 7 orang Widyaiswara untuk mengikuti Pela
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Kepala Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim, Nina Dewi, menugaskan 7 orang Widyaiswara untuk mengikuti Pelatihan Training of Trainers (Pelatihan untuk Pelatih) Orientasi DPRD. Pelatihan diikuti oleh 4 orang Widyaiswara Ahli Utama, yaitu Muchlis Syachrani, Bere Ali, Sugeng Chairuddin dan 3 orang Widyaiswara Ahli Madya, yaitu Zuhriah, Ery Arifullah dan Hernawaty.

Pelatihan yang dilaksanakan oleh BPSDM Kementerian Dalam Negeri, dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri, Suhajar Diantoro, dilaksanakan di Hotel Golden Boutique, Jakarta, mulai tanggal 16-20 Oktober 2023. 

Dari Kaltim, masuk Angkatan pertama bersama Provinsi Aceh, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Kalbar, NTB, dan Provinsi Banten, serta dari Universitas Gajayana, Malang. 

BACA JUGA:

Jauhar Efendi, sebagai salah satu peserta ToT Orientasi DPRD, ketika dihubungi awak media, menjelaskan, bahwa materi pelatihan cukup banyak. 

“Antara lain tentang Sistem Pemerintahan Indonesia, Penguatan dan Penegakan Peraturan Perundang-Undangan, Tata Tertib dan Kode Etik DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota,” terangnya Kamis, 19 Oktober 2023. 

Lebih lanjut, Jauhar mengatakan, bahwa yang tidak kalah pentingnya adalah materi tentang fungsi, tugas dan wewenang serta alat kelengkapan DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota, hak dan kewajiban anggota DPRD provinsi dan kabupaten/ota". ***