Brimob Polda Kaltim Gelar Latihan Sispamkota untuk Pilkada 2024 di Balikpapan
Balikpapan

Brimob Polda Kaltim Gelar Latihan Sispamkota untuk Pilkada 2024 di Balikpapan

  • Simulasi ini bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang mungkin terjadi selama tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Balikpapan tahun 2024.
Balikpapan
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

IBUKOTAKINI.COM - Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim bekerja sama dengan Polresta Balikpapan menggelar latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka Operasi Mantap Praja Mahakam 2024. Latihan ini diadakan di lapangan BSCC Dome Kota Balikpapan pada Sabtu 24 Agustus 2024.

Danyon A Pelopor, Kompol Iwan Pamuji, SH, MH, menjelaskan bahwa simulasi ini bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang mungkin terjadi selama tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Balikpapan tahun 2024.

"Simulasi ini menggambarkan kesiapan personel beserta sarana dan prasarana, manakala terjadi situasi kontijensi agar dapat segera diantisipasi secara bersinergi dengan cepat dan tepat," ujar Kompol Iwan Pamuji.

Dalam simulasi Sispamkota, berbagai skenario kontijensi diperagakan. Skenario tersebut meliputi penanganan situasi seperti penolakan salah satu calon kepala daerah saat kampanye, perusakan alat peraga kampanye, unjuk rasa di TPS, hingga unjuk rasa yang dilakukan massa pendukung calon di kantor KPU Balikpapan.

BACA JUGA:

Adegan simulasi ini melibatkan berbagai unit, mulai dari tim negosiator, personel Dalmas awal, pengaturan arus lalu lintas, hingga penanganan massa yang semakin eskalatif dan anarkis. Dalam simulasi ini, Dalmas lanjutan, kendaraan taktis Armored Water Cannon (AWC), serta Tim Detasemen 45 Anti Anarkis Korps Brimob turut terlibat dalam pembubaran massa dan penangkapan provokator. Simulasi ini ditutup dengan evakuasi korban oleh tim medis Dokkes.

Kompol Iwan Pamuji mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel Batalyon A Pelopor Brimob Polda Kaltim yang telah berpartisipasi dalam kegiatan simulasi ini. Ia berharap agar situasi di Kota Balikpapan selama Pilkada 2024 tetap aman dan kondusif.

Dalam kesempatan berbeda, Dansat Brimob Polda Kaltim, Kombes Pol Andy Rifai, SIK, MH, menambahkan bahwa latihan ini melibatkan satu SST Pasukan Pemukul personel Batalyon A Pelopor Brimob Polda Kaltim.

"Tujuan dari Simulasi Sispamkota ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan personel Polri dalam menjaga keamanan serta kelancaran penyelenggaraan Pilkada tahun 2024 di wilayah hukum Kota Balikpapan," tutupnya. ***