Budiono: Persiapkan SDM, Sekolah Inklusi Harus Punya Fasilitas
Advertorial

Budiono: Persiapkan SDM, Sekolah Inklusi Harus Punya Fasilitas

  • IBUKOTAKINI.COM - Kota Balikpapan sudah menerapkan sekolah inklusi baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. Hal tersebut disa
Advertorial
emylmaulana

emylmaulana

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Kota Balikpapan sudah menerapkan sekolah inklusi baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. Hal tersebut disambut baik oleh Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan, Budiono. 

"Ini bagus saja. Kita harus mempersiapkan Sumber Daya Manusia serta sarana prasarana untuk sekolah inklusi," ujarnya saat ditemui di Balai Kota pada hari Rabu (27/9/2023).

Budiono mengatakan sekolah inklusi harus mempunyai fasilitas yang harus di penuhi, sehingga memudahkan peserta didik saat berada di sekolah maupun mendapatkan pelajaran. 

"Fasilitas harus kita penuhi, karena kebutuhan khusus dan tidak itu berbeda," ungkapnya.

Diketahui, jika sekolah inklusi negeri terkendala dengan pendidik, karena tidak semua pendidik mempunyai kompetensi itu. 

BACA JUGA:

"Ya memang harus yang mempunyai pengalaman khusus untuk memberikan pelajaran yang standart seperti sekolah yang lain," terang Politisi PDIP.

Di tempat yang berbeda, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan, Ganung Pratikno menyampaikan Balikpapan sudah menerapkan kelas inklusi untuk sekolah negeri. Meskipun, sekolah swasta terlebih dulu melaksanakan itu. 

Namun yang saat ini menjadi kendala, tidak semua tim pendidik sekolah negeri memiliki kompetensi itu. Akan tetapi, sekolah inklusi telah diterapkan di sejumlah SD maupun SMP yang sebelumnya hanya terbatas. (Ken)