Buka Musda VI DMI Balikpapan, Wali Kota Berharap Jumat Subuh Berkah Segera Terealisasi
Kabar Ibu Kota

Buka Musda VI DMI Balikpapan, Wali Kota Berharap Jumat Subuh Berkah Segera Terealisasi

  • IBUKOTAKINI.COM – Suasana pembukaan Musyawarah Daerah VI Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Balikpapan yang berlangsung Sabtu (26/8/2023) penuh
Kabar Ibu Kota
emylmaulana

emylmaulana

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Suasana pembukaan Musyawarah Daerah VI Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Balikpapan yang berlangsung Sabtu (26/8/2023) penuh kegembiraan. Gelak tawa para pengurus dan undangan mewarnai kegiatan yang berlangsung di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Balikpapan. 

Hal ini terjadi setelah Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud ‘berbalas pantun’ dengan Ketua Pengurus Wilayah DMI Kalimantan Timur, Masjaya. “Ikan sepat ikan gabus, ikan baronang dimasak pakai kayu bajakah. Lebih cepat lebih bagus, yang penting semua senang, adakah?” ucap Wali Kota Rahmad Mas’ud disambut tawa peserta Musda. 

Wali Kota menyebut tak perlu memberi sambutan panjang lebar lantaran “semua (sambutan) sudah diborong sama Pak Prof (Masjaya). Saya tak kebagian,” imbuhnya. Lagi-lagi disambut tawa hadirin. 

Pada kesempatan ini, Wali Kota Rahmad Mas’ud berharap para pengurus DMI Kota Balikpapan yang akan bertugas pada masa bakti 2023-2028 dapat berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah Kota Balikpapan, khususnya dalam memakmurkan (meramaikan) masjid. 

“Hampir setiap subuh saya berkeliling dari masjid ke masjid. Dan alhamdulillah masjidnya bagus-bagus. (Tapi) tidak ada (jamaah) yang di dalam….” ujar wali kota, lagi-lagi disambut tawa hadirin. 

Wali Kota Rahmad Mas’ud mengaku prihatin dengan kondisi ini dan berharap para pengurus DMI Balikpapan bisa membuat program yang mendorong umat muslim menjalankan ibadah di masjid. 

BACA JUGA:

“Mudah-mudahan kerja sama Jumat Subuh Berkah antara DMI dan Pemkot bisa segera kita jalankan untuk kepentingan umat dan masyarakat,” imbuh wali kota.

Pada kesempatan itu Wali Kota Rahmad Mas’ud juga menceritakan pertemuannya dengan investor Singapura yang difasilitasi Duta Besar Singapura, Suryopratomo. 

“Mohon doanya dari para kiyai dan ulama agar rencana investasi di Balikpapan segera terwujud, paling tidak dari 100 investor, ada 1 yang merealisasikan investasi, baik melalui BOT atau KPBU, yang penting bisa investasi,” imbuhnya. 

“Selanjutnya saya mengucapkan selamat melakukan Musda,” ucap Wali Kota Rahmad Mas’ud. 

Ketua PW DMI Kaltim, Masjaya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud yang telah memberikan perhatian terhadap pembangunan fasilitas ibadah. 

“Khusus di Balikpapan, berdasarkan data DMI tahun 2023, ada 245 mushola dan 395 masjid. Alhamdulillah bangunan fisik luar biasa dan bagus. Saya tanya pengurus masjid sebagian besar dibantu Pemkot. Terima kasih sudah bantu masjid. Tugas kami Dewan Masjid untuk memakmurkan masjid dan memakmurkan masyarakat pecinta masjid,” katanya. 

Menurut Masjaya, 80 persen pecinta masjid datang untuk mendengarkan, oleh sebab itu dari masjid dan mushola di Balikpapan, pengurus DMI yang terpilih agar menginventarisasi dan akomodir kepentingan warga. 

“Apa yang perlu diperbaiki, diperbaiki. Contoh banyak yang mengeluhkan sound system yang enak akan membuat nyaman. Lalu Imam masjidnya. Rasanya kalau imam masjidnya bagus, khatibnya bagus, Insyaallah jemaah dan pecinta masjid berdatangan,” kata Masjaya. Ia memuji Masjid Namirah di Balikpapan Baru yang bisa menjadi contoh bagaimana Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dikelola secara profesional. (*)