Buka Muskot IPSI, Ahmad Muzakkir Ajak Masyarakat Sambut Pilkada dengan Gembira
Balikpapan

Buka Muskot IPSI, Ahmad Muzakkir Ajak Masyarakat Sambut Pilkada dengan Gembira

  • Pencak silat memiliki peran penting dalam membangun karakter bangsa dan memperkokoh identitas budaya kita, serta sebagai sarana untuk mempererat rasa kebersamaan di tengah masyarakat
Balikpapan
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Balikpapan, Ahmad Muzakkir, S.T., M.Si membuka secara resmi Musyawarah Kota Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Balikpapan yang berlangsung di Aula Balai Kota Balikpapan, pada Sabtu, 12 Oktober 2024. 

Dalam sambutannya, Muzakkir menyoroti pentingnya pencak silat sebagai seni bela diri asli Indonesia yang tidak hanya mengutamakan kekuatan fisik, tetapi juga menanamkan nilai-nilai luhur seperti disiplin, kesabaran, dan persaudaraan.

“Pencak silat memiliki peran penting dalam membangun karakter bangsa dan memperkokoh identitas budaya kita, serta sebagai sarana untuk mempererat rasa kebersamaan di tengah masyarakat,” katanya.

Musyawarah ini dinilai sebagai momentum penting bagi IPSI Balikpapan untuk mengevaluasi capaian sebelumnya, sekaligus menyusun langkah-langkah strategis yang inovatif demi membawa pencak silat Balikpapan ke tingkat nasional maupun internasional.

Selain berbicara soal pembinaan pencak silat, Ahmad Muzakkir juga memanfaatkan kesempatan ini untuk mengingatkan masyarakat Balikpapan tentang pentingnya menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan datang dengan suasana yang gembira, aman, dan damai.

BACA JUGA:

“Saya mengajak seluruh masyarakat Balikpapan untuk menyambut pesta demokrasi Pilkada dengan gembira, aman, dan damai. Mari kita wujudkan Pilkada yang berkualitas dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan,” pesan Muzakkir.

Ia juga menekankan komitmen Pemerintah Kota Balikpapan dalam mendukung penuh langkah-langkah yang diambil IPSI, baik dalam penyediaan fasilitas, pembinaan, hingga penyelenggaraan event-event olahraga di kota ini.

“Tingkatkan penyelenggaraan event olahraga untuk menjaring bibit-bibit baru dalam cabang olahraga pencak silat,” imbuhnya.

Musyawarah Kota IPSI dihadiri oleh berbagai pengurus cabang, tokoh pencak silat, dan atlet dari 20 perguruan di Balikpapan, yang diharapkan mampu memperkuat peran pencak silat dalam membangun karakter bangsa serta melestarikan budaya bangsa di kalangan generasi muda.

Pembukan musyawarah kota IPSI Balikpapan dibuka dengan pemukulan Gong yang disaksikan Ketua IPSI Balikpapan Balikpapan, Muhaimin, beserta para pengurus. ***