Buka Pelatihan Kerja, Pemprov Kaltim Berharap Peserta Punya ‘Mindset’ Jadi Pengusaha (Foto: Adpim Provinsi Kaltim)
Kabar Ibu Kota

Buka Pelatihan Kerja, Pemprov Kaltim Berharap Peserta Punya ‘Mindset’ Jadi Pengusaha

  • BALIKPAPAN - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim bekerja sama Disnakertrans Kabupaten Paser menyelenggarakan
Kabar Ibu Kota
Robi Sugiarto

Robi Sugiarto

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim bekerja sama Disnakertrans Kabupaten Paser menyelenggarakan Pelatihan Berbasis Kompetensi.

Program pelatihan meliputi Pelatihan Pengoperasian Excavator Angkatan I dan II, Pelatihan Service Sepeda Motor Injeksi dan Pelatihan Barista Angkatan I yang dilaksanakan di UPTD Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Balikpapan, Selasa 30 Januari 2023.

Penjabat Gubernur Kaltim, Akmal Malik berharap peserta pelatihan memiliki mindset ke depan untuk menjadi pengusaha tidak hanya pekerja atau menjadi PNS.

“Ya kalau mau sejahtera, harus jadi pengusaha, kalau PNS gajinya kecil,” kata Pj. Akmal, saat diwawancarai awak media usai membuka acara.

Akmal mengatakan, para peserta harus memiliki niat dan cita-cita serta menanamkan motivasi bahwa kelak harus menjadi seorang pengusaha. Pelatihan yang saat ini diikuti menjadi sarana meningkatkan kompetensi diri yang memang awalnya untuk menjadi pekerja ataupun operator.

BACA JUGA:

Pelatihan yang diikuti menurut dia, sebagai batu loncatan, yang perlu ditanamkan bagaimana kelak bisa menjadi pengusaha rental excavator, mempunyai usaha kafe atau kuliner hingga mampu membuka bengkel sendiri.

“Jadi jangan merasa puas jadi pekerja atau operator,” seru Akmal memotivasi peserta pelatihan.

Pada bagian lain, Akmal mengatakan Kaltim membutuhkan sumber daya manusia di berbagai bidang yang memiliki sertifikasi, terlebih Kaltim telah ditunjuk menjadi Ibu Kota Nusantara dan pembangunan sudah berjalan.

Selama ini, kebutuhan tenaga yang bersertifikasi masih banyak disuplai dari provinsi lain.

“Kita berharap melalui pelatihan-pelatihan seperti ini, kebutuhan akan tenaga bersertifikasi dapat kita penuhi dari Kaltim,” ujarnya. (*)