Buka Pengajian, Wali Kota Ajak ASN Berbelanja Hemat
Kabar Ibu Kota

Buka Pengajian, Wali Kota Ajak ASN Berbelanja Hemat

  • IBUKOTAKINI.COM – Pekan pertama Bulan Suci Ramadan 1443 Hijriah, Pemerintah Kota Balikpapan menggelar Pengajian Gabungan Amaliah di Aula Balaikota Balikpapan, J
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Pekan pertama Bulan Suci Ramadan 1443 Hijriah, Pemerintah Kota Balikpapan menggelar Pengajian Gabungan Amaliah di Aula Balaikota Balikpapan, Jumat (8/4/2022). 

Pengajian Gabungan Amaliah dibuka Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud dan Menghadirkan penceramah KH. M. Muhlasin. Pengajian untuk ASN di lingkungan Pemkot ini digelar setiap hari Jumat.

Dalam sambutannya, Wali Kota menyampaikan, tak hanya soal pandemik COVID-19 yang belum berakhir, perang Rusia-Ukraina juga membawa dampak bagi tatanan dunia. 

"Tak hanya dari segi kesehatan, juga perekonomian. Saya mengingatkan agar kita benar-benar berbelanja hemat dan seperlunya. Karena yang berlebihan juga tidak baik," ungkapnya. 

Ia juga mengajak seluruh pihak untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan. Diharapkan setelah Ramadan dan seterusnya, semua aktivitas dapat dilaksanakan dengan baik. 

"Saya harap kita dapat mensosialisasikan program-program pemerintah kepada seluruh masyarakat," tutur Wali Kota Rahmad Mas'ud.

Presiden RI, Joko Widodo beberapa waktu lalu, menurutnya, juga mengingatkan bahwa harga kebutuhan pokok dipastikan akan naik. Secara global banyak harga naik. 

"Saya mengingatkan kita berhemat dalam menangani situasi semacam ini," katanya.

Di akhir sambutan Wali Kota menyambut baik pelaksanaan pengajian ini yang menjadi salah satu forum pembinaan spiritual bagi para ASN di bulan Ramadan. 

“Ini juga menunjang pembentukan karakter ASN yang berakhlak mulia sebagai pengabdi bagi masyarakat,” tandasnya. 

Selain itu, juga mengajak untuk memperbanyak zakat, infak dan sedekah selain sebagai bentuk amalan yang sangat dianjurkan di bulan Ramadan. 

“Juga sebagai wujud ketiakawanan sosial serta semangat gotong royong kepada sesame,” pungkasnya. 

Usai dibuka Wali Kota, pengajian diisi oleh penceramah KH. M. Muhlasin. Dalam ceramahnya, mengurai ibadah puasa di bulan Ramadan dan berbagai tingkatan dalam berpuasa. Serta makna dari ibadah puasa.