Bunda PAUD Kota Balikpapan kukuhkan Bunda PAUD Kelurahan dan Kecamatan Kota Balikpapan, di Auditorium Balai Kota Balikpapan, Rabu 21 Agustus 2024
Balikpapan

Bunda PAUD Kota Balikpapan Ajak Kecamatan dan Kelurahan Dukung Program SPM 1 Tahun Pra SD

  • Bunda PAUD berperan sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan PAUD berkualitas hingga mendorong peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan PAUD dan melaksanakan intervensi serentak percepatan penurunan stunting.
Balikpapan
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Kota Balikpapan Hj. Nurlena Mas’ud, pada Rabu 21 Agustus 2024, mengukuhkan Bunda PAUD kecamatan dan kelurahan se-Kota Balikpapan periode 2024 – 2029. Pengukuhan yang dirangkai dengan pengukuhan Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD Kota Balikpapan periode 2024 – 2027 ini berlangsung di Auditorium Balai Kota Balikpapan. 

Pengukuhan ditandai dengan pembacaan sumpah dan tugas yang akan dijalankan Bunda PAUD kecamatan dan kelurahan dilanjutkan penandatanganan berita acara, penyematan pin dan selempang Bunda PAUD. 

Dalam pengukuhan juga dilakukan penyerahan bantuan kursi dan meja serta Smart Table untuk PAUD, sekaligus penyerahan souvenir alat tulis serta seragam batik oleh Bunda PAUD ke anak didik. 

Dalam sambutan, Wali Kota Balikpapan, H. Rahmad Mas’ud S.E., M.E., menekankan akan pentingnya peningkatan kualitas Pendidikan anak usia dini Kota Balikpapan. 

“Peran bunda PAUD bukan symbol tetapi motor penggerak utama pondasi Pendidikan sejak dini,” katanya dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Sosial, Kesejahteraan dan Pengembangan SDM Sekretariat Daerah (Setda) Kota Balikpapan, Adamin Siregar. 

BACA JUGA:

Sebagai bunda PAUD kecamatan dan kelurahan serta Pokja, ia mengharapkan Amanah yang diberikan dapan dijalankan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab. 

“Saya yakin dengan menjalankan Amanah yang tulus dan cinta, kita mampu membawa perubahan positif bagi generasi penerus Kota Balikpapan,” ucapnya. 

Selain itu, pihaknya minta seluruh stake holeder terkait untuk bersama-sama mendukung peran bunda PAUD. “Kita ciptakan lingkungan kondusif, aman, dan penuh kasih saying bagi perkembangan anak-anak kita,” ajak wali kota. 

Bunda PAUD Kota Balikpapan Ajak Bunda Kecamatan dan Kelurahan Dukung Program SPM 1 Tahun Pra SD

Bunda PAUD Kota Balikpapan, Hj. Nurlena Mas’ud mengatakan bahwa Bunda PAUD berperan sebagai figur dan tokoh sentral Gerakan PAUD berkualitas hingga mendorong peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan PAUD dan melaksanakan intervensi serentak percepatan penurunan stunting.

“Bunda PAUD terus aktif mendorong peningkatan digitalisasi pembelajaran dan memberikan kesempatan bagi anak usia dini untuk mengeksplore pengalaman bermain sambil belajar, meja dan kursi baik bagi pendidik maupun peserta didik PAUD sebagai kebutuhan dasar alam pembelajaran, serta penyediaan seragam PAUD bagi seluruh satuan PAUD dengan motif tumbuhan kelubut sebagai bentuk pengenalan budaya Kota Balikpapan sejak dini,” terangnya dalam sambutan.

Saat ini angka Kesiapan Sekolah (PAUD menuju SD) Kota Balikpapan ada pada angka 70,23% sedangkan target minimal Angka Kesiapan Sekolah Nasional adalah 75%. 

Bunda PAUD Kota Balikpapan kenalkan batik Kelubud 

“Hal ini adalah tantangan kita sebagai Bunda PAUD untuk lebih masif mengajak masyarakat memasukkan putra-putrinya untuk bersekolah di PAUD khususnya di wilayah masing-masing.”

“Saya mengajak dan memohon dukungan Bunda PAUD Kecamatan dan Kelurahan untuk berpartisipasi aktif bersama Pokja Bunda PAUD di wilayah masing-masing. Mari kita dukung program SPM 1 Tahun Pra SD sesuai dengan Perwali Nomor 2 Tahun 2021,” tutup Bunda Paud Kota Balikpapan. 

Hadir dalam pengukuhan Asisten I Bidang Tata Pemerintahan, Drs. Zulkipli M.Si, Asisten II, bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesra, Andi Muhammad Yusri Ramli, Asisten III, dr. Andi Sri Juliarty, Staf Ahli Perekonomian Pembangunan dan Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Balikpapan Irfan Taufik. ***