Bupati PPU: Hasil Penilaian Pansel Menjadi Pertimbangan Utama Penetapan Pejabat Eselon II
Kabar Ibu Kota

Bupati PPU: Hasil Penilaian Pansel Menjadi Pertimbangan Utama Penetapan Pejabat Eselon II

  • IBUKOTAKINI.COM - Sebanyak 37 Peserta Seleksi Terbuka (Selter) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama  (JPT Pratama) di lingkungan Pemerintah Ka
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Sebanyak 37 Peserta Seleksi Terbuka (Selter) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama  (JPT Pratama) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengikuti tahapan seleksi yang keenam pada hari ini, Senin (22/5/2023). Tahapan seleksi itu yaitu penulisan makalah dan pembuatan power point (PPT) untuk mempresentasikan dihadapan Tim Pansel.

Kegiatan dilaksanakan di Hotel Novotel, Balikpapan. Dihadiri Bupati PPU, Hamdam dan Sekda, Thohar, yang juga sekaligus sebagai Ketua Pansel dan seluruh anggota Pansel.

Hamdam dalam arahannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota Pansel dalam kegiatan Selter ini. Di mana tim Pansel akan bekerja secara obyektif dalam memotret kemampuan dan integritas peserta.

"Sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), hasil dari penilaian Tim Pansel akan dijadikan pertimbangan utama dalam pengambilan keputusan, di samping pertimbangan yang lain,” tegas Hamdam. 

Lebih lanjut, ia mengatakan, bahwa sebagai konsekuensi Kabupaten PPU menjadi serambi IKN, maka ia menginginkan calon pejabat yang terpilih nanti benar-benar memiliki kualifikasi yang mumpuni.

BACA JUGA:

"Keluarkan kemampuan terbaik Saudara untuk meyakinkan anggota Ponsel," pungkas Hamdam.

Sementara itu, Sekda PPU, Thohar, yang juga Ketua Pansel,  mengingatkan kepada para peserta untuk memanfaatkan waktu pemaparan makalah, yang hanya 10 menit untuk menjelaskan secara garis besar permasalahan dan solusi yang akan diambil jika terpilih menduduki JPT yang dilamar. 

Bupati PPU: Hasil Penilaian Pansel Menjadi Pertimbangan Utama Penetapan Pejabat Eselon II

“Peserta Selter agar mempersiapkan diri untuk memasuki tahapan berikutnya, yaitu paparan dan wawancara dengan Pansel, sesuai jadwal yang telah ditetapkan,” urainya.

Salah satu anggota Pansel, Jauhar Efendi, menjelaskan bahwa peserta Selter bukan hanya diikuti oleh para Pejabat Admistrator lingkup Pemkab PPU, tetapi juga ada peserta dari Kabupaten Paser dan Kota Bontang. 

“Sebanyak 37 peserta akan memperebutkan 11 jabatan yang dilelang. Jadi peluang terpilihnya kurang lebih 30 persen. Sedangkan peluang tidak terpilihnya sebesar 70 persen,” imbuh Jauhar.

Untuk diketahui, Tim Pansel JPT Pratama sebanyak 7 orang. Terdiri atas (1) Thohar, Sekda Kabupaten PPU; (2) Wakiran, Asesor SDM Aparatur Utama dari BKN Pusat;  (3) Purwanto, Asesor SDM Aparatur Utama, BKN Pusat; (4). Irfan Pranata, Inspektur Daerah Prov. Kaltim; (5). Eny Rochaida, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unmul; (6) Moh. Jauhar Efendi, Widyaiswara Ahli Utama BPSDM Kaltim, dan (7) Muhammad Noor, Dekan Fisipol Unmul. ###

 

Penulis: MJE