Ketua Baznas Balikpapan - Abdul Rosyid Bustomi
Balikpapan

Buruan Daftar, Baznas Balikpapan Buka Pelatihan Sekuriti Secara Gratis

  • Adapun kriteria pelatihan sekuriti adalah surat keterangan belum bekerja dari RT atau Lurah, ijasah, KTP, peserta mempunyai tinggi badan pria minimal 165 cm dan wanita minimal 160 cm
Balikpapan
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

IBUKOTAKINI.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Balikpapan mempunyai program pelatihan sekuriti, yang akan diadakan awal bulan September mendatang.

Ketua Baznas Kota Balikpapan, Abdul Rosyid Bustomi menyampaikan bahwa pendaftaran program pelatihan sekuriti dibuka hingga akhir Agustus 2024. 

"Target kita 50 orang untuk pelatihan sekuriti yang berstandar nasional," jelasnya kepada awak media, pada Selasa, 20 Agustus 2024.

Baznas Kota Balikpapan memberikan pelatihan sekuriti selama 10 hari secara gratis tanpa ada biaya. Bahkan, Baznas Balikpapan menjamin seluruh keperluan yang dibutuhkan peserta selama pelatihan, seperti asrama sebagai tempat tinggal, seragam, sepatu dan sertifikat berstandar nasional dari Kepolisian. 

"Kita bekerja sama dengan Polda Kaltim. Sasaran kita kepada anak-anak pelajar yang baru lulus sekolah SMA/SMK/Sederajat," terangnya.

Adapun kriteria pelatihan sekuriti adalah surat keterangan belum bekerja dari RT atau Lurah, ijasah, KTP, peserta mempunyai tinggi badan pria minimal 165 cm dan wanita minimal 160 cm. "Silahkan daftar ke kantor jika ingin mendaftar pelatihan sekuriti," ujarnya.

BACA JUGA:

Bustomi mengungkapkan anggaran yang digelontorkan Baznas Kota Balikpapan sebesar Rp 250 Juta, yang mana masing-masing peserta dianggarkan sebesar Rp 5 juta. "Setiap tahun kita programkan," katanya.

Baznas Kota Balikpapan terus memberikan manfaat kepada masyarakat Kota Balikpapan. Apabila program kegiatan yang dicanangkan memberikan manfaat bagi masyarakat, maka program akan terus berlanjut. "Kalau tidak bermanfaat kita stop," ucapnya.

Usai peserta sudah mendapatkan sertifikat, Polda Kaltim bersama dengan Multiwor yang akan menyalurkan kepada perusahaan yang membutuhkan sekuriti.

"Tahun kemarin, 40 orang yang mengikuti pelatihan saat ini semua peserta pelatihan telah bekerja baik itu di Bank, Mall dan sebagainya. Saat ini banyak yang membutuhkan di IKN," jelas Bustomi.

Hingga saat ini, peserta yang sudah mendaftar program pelatihan sekuriti sudah hampir separuh dari jumlah yang sudah ditentukan.

Selain pelatihan sekuriti, Baznas Kota Balikpapan akan melaksanakan Medical Check Up (MCU) untuk 100 ulama Kota Balikpapan. "Kita cek kesehatan para ulama," sebutnya.

Selanjutnya, akan ada pula program pelatihan yang sudah dianggarkan oleh Baznas Balikpapan dengan nilai Rp 150 juta. "Tapi bukan pelatihan sekuriti tapi pelatihan lainnya seperti safety. Kita sudah anggarkan," sebutnya. ***