Canangkan Pembangunan Pertanian, Pemprov Kaltim dan Kapolda Kaltim Berkolaborasi
Kabar Ibu Kota

Canangkan Pembangunan Pertanian, Pemprov Kaltim dan Kapolda Kaltim Berkolaborasi

  • Dengan ketahanan pangan yang baik, maka Kaltim khususnya bisa swasembada pangan dan bisa memenuhi kebutuhan pangan di Kaltim khususnya.
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bersama Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim, akan menggerakkan anak-anak sekolah Se Kaltim untuk menanam beberapa komoditas pangan.

"Kita akan kolaborasikan gerakan ini. Insyaallah kedepan dalam waktu dekat kita akan mencanangkan bersama menanam komoditas yang benar-benar dibutuhkan Kaltim," jelas Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik kepada media,usai pertemuan sinergitas tugas dan fungsi pada pembangunan pertanian di Kabupaten/Kota di Provinsi Kaltim, yang berlangsung di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan, pada Kamis, 29 Agustus 2024.

Akmal mencontohkan komoditas yang dibutuhkan Kaltim seperti kangkung, cabai yang merupakan salah satu penyumbang inflasi. Termasuk, sayuran yang masih didatangkan dari Sulawesi maupun Jawa. 

"Kita fokus kepada tiga komoditas ini untuk memenuhi internal rakyat Kalimantan Timur," ucapnya.

Dengan langkah seperti ini, pihaknya akan mencoba menginterisasi budaya agraris di Kalimantan Timur. 

"Kita belum begitu maksimal budaya agraris kita, sehingga dengan kolaborasi bersama insyaallah budaya agraris akan tumbuh yang dimulai dari sekolah dan teman-teman dari kepolisian," harapnya.

Akmal menuturkan bahwa nanti penanaman komoditas pangan akan dilakukan secara serentak dan panen juga secara serentak.

BACA JUGA:

Sementara itu, Kapolda Kaltim, Irjen Pol Nanang Avianto mendukung program ketahanan pangan yang sudah dicanangkan pemerintah dan mengeksekusi bersama Forkopimda. Khusus di Polda Kaltim, hal ini sudah disampaikan kepada semua jajaran para Kapolres, untuk tidak ada lagi lahan-lahan yang kosong tapi harus dapat dimanfaatkan.

"Ini hal yang luar biasa. Kita menterjemahkan dilingkungan kita dulu, setelah jadi baru ini bisa dijadikan contoh kepada masyarakat, sehingga kita bisa memberikan dan menularkan hal-hal yang baik, karena ketahanan pangan ini dampaknya sangat luar biasa sekali bagi negara," terangnya.

Kapolda menyampaikan dengan ketahanan pangan yang baik, maka Kaltim khususnya bisa swasembada pangan dan bisa memenuhi kebutuhan pangan di Kaltim khususnya. 

"Kita bisa menjadi hebat lagi," ungkapnya.

Pj Gubernur Kaltim bersama Kapolda Kaltim melakukan kesepakatan bersama, terkait sinergitas tugas dan fungsi pada pembangunan pertanian di Kabupaten/Kota di Provinsi Kaltim, diikuti seluruh pemerintah kabupaten kota di Provinsi Kaltim bersama Polres setempat. ***