Tangkapan layar Rafi Ahmad bagi bagi uang.
Balikpapan

Cek Fakta: Benarkah Raffi Ahmad Transfer Uang ke Warga Balikpapan?

  • Sebuah akun Facebook seorang warga Balikpapan, baru-baru ini mengunggah tangkapan layar telah menerima transfer dari Rafi Ahmad sebesar Rp51,7 juta.
Balikpapan
Redaksi Daerah

Redaksi Daerah

Author

BALIKPAPAN – Sebuah akun Facebook warga Balikpapan bikin heboh. Baru-baru ini, akun dengan nama Noor*** mengunggah tangkapan layar telah menerima transfer dari seseorang bernama Rafi Ahmad.  

Gambar tersebut diikuti narasi berupa ucapan terima kasih setelah menerima hadiah atau giveaway berupa uang sebesar Rp51 juta.

Untuk memperkuat informasi yang disajikan, pemilik akun menampilkan foto berupa tumpukan uang, dan potongan bukti transfer.

Pemilik akun juga menyertakan nomor kontak yang dapat dihubungi untuk mengikuti ‘kuis’.   

“Terimakasih Bpk RAFI AHMAD dan jga adminnya atas hadiah GIVEAWAYnya,😊senang sekali tdk menyangka sya pikir hoax ternyata asli benaran dapat, untuk saudara2, jka mau tau cra dapat hadiah nya, langsung chat sja wa nya ini. 👇082275332***

kalau tdk mengerti boleh langsung inbox sja Sya..

dan izin untuk menandai saudara2 berbagi rezeki itu indah, silahkan dicoba mudah-mudahan rezeki bersama🤗🙏” 

Tulis akun tersebut. Unggahan itu ramai dikomentari warganet. Pada kolom komentar, sejumlah akun ‘seolah-olah’ mengaku telah menerima kiriman uang dari orang yang sama. 

“Terimakasih Sya ucapan kepada Pak raffi ahmad smga sukses terus,” tulis pemilik akun Emi***, sambil menyertakan potongan layar trasnfer senilai Rp55 juta.
 

Unggahan hoaks Rafi Ahmad bagi-bagi uang.

  

Benarkah Rafi Ahmad atau Raffi Ahmad bagi-bagi uang? 

Berdasarkan penelusuran kami, informasi tentang Rafi Ahmad bagi-bagi uang ternyata bukan fakta. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mengkategorikan unggahan tentang Rafi Ahmad bagi-bagi hadiah sebagai hoaks alias informasi palsu.

“Beredar di media sosial Facebook akun dengan nama RAFFI&NAGITA SURPRISE yang mengunggah video yang menampilkan aktor Raffi Ahmad dan istrinya, Nagita Slavina. Dalam unggahan tersebut terdapat narasi, "a Raffi langsung TF 50jt ke rekening kalian, bagi yg susun yah".

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya akun Facebook RAFFI&NAGITA SURPRISE yang diklaim membagikan Rp50 juta mengatasnamakan aktor Raffi Ahmad merupakan konten tiruan. Faktanya, akun itu merupakan akun palsu. Akun Facebook asli milik Raffi Ahmad sudah memiliki tanda centang biru dengan tautanfacebook.com/RaffiAhmadLagi.

Berikut beberapa tips untuk memverifikasi informasi:

  • Cek sumber informasi: Pastikan informasi tersebut berasal dari sumber yang kredibel dan terpercaya.
  • Bandingkan dengan sumber lain: Bandingkan informasi tersebut dengan sumber lain untuk memastikan kebenarannya.
  • Perhatikan detail: Perhatikan detail informasi tersebut, seperti tanggal, tempat, dan nama orang yang terlibat.
  • Gunakan akal sehat: Gunakan akal sehat untuk menilai apakah informasi tersebut masuk akal atau tidak.
  • Laporkan informasi palsu: Jika menemukan informasi palsu, laporkan kepada platform media sosial atau instansi terkait.

Mari kita bersama-sama memerangi hoaks dan menyebarkan informasi yang benar.***

Rujukan: https://www.kominfo.go.id/content/detail/48623/hoaks-akun-facebook-mengatasnamakan-raffi-ahmad-dan-nagita-slavina-yang-membagikan-hadiah-rp50-juta/0/laporan_isu_hoaks