Ciptakan SDM Berdaya Saing, Pelaku UMKM Dapat Pelatihan Manajemen Usaha
UMKM

Ciptakan SDM Berdaya Saing, Pelaku UMKM Dapat Pelatihan Manajemen Usaha

  • BALIKPAPAN – Dalam mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing dan mengembangkan ekonomi kerakyatan kreatif serta menumbuhkembangkan wirausaha
UMKM
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Dalam mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing dan mengembangkan ekonomi kerakyatan kreatif serta menumbuhkembangkan wirausaha baru. Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian (DKUMKMP) Kota Balikpapan menggelar Pelatihan Manajemen Wirausaha, di Grand Tjokro Balikpapan, pada 7-9 November 2023. 

Pelatihan manajemen wirausaha baru diikuti 30 usaha mikro dan menengah di Balikpapan. Kegiatan dibuka Kepala DKUMKMP, Heruressandy pada Selasa 7 November 2023. 

Heru menjelaskan dengan adanya pelatihan manajemen wirausaha ini SDM diberikan wawasan mengenai manajemen keuangan, bagaimana mendirikan usaha dengan tertata yang baik. 

“Harapan saya peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik,” katanya ketika membuka pelatihan.

Selain itu, pelaku UMKM dapat berinovasi meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap perilaku pelaku usaha dalam manajemen tata kelola usaha ke arah positif dan kondusif serta mencapai kinerja keuangan yang sehat dan berkesinambungan. 

BACA JUGA:

“Kegiatan pelatihan ini menggunakan anggaran APBD Kota Balikpapan, dan pemerintah akan terus meningkatkan SDM untuk menggerakkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya. 

Adapun sebagai narasumber untuk pelatihan dari PLUT Kaltim Hamka. Sebelumnya, DKUMKMP juga menggelar pelatihan Sertifikasi Halal untuk IKM di Balikpapan. 

Pemerintah Kota Balikpapan juga memberikan pendampingan kepada IKM yang ingin mengurus sertifikasi halal produk yang dihasilkan. 

“IKM yang mengurus sertifikasi halal di antaranya produk makanan dan minuman serta kosmetik,” ujarnya. 

Dia menyebut bagi pelaku usaha juga memiliki manfaat antara lain memiliki Unique Selling Point dalam penjualan sehingga mudah ke pasar halal global dan meningkatkan kepercayaan kepada konsumen.

“Dengan langkah ini maka usaha dijalankan IKM akan bertumbuh dan membuka lapangan kerja baru,” tutupnya. 

Untuk itu, melalui DKUMKMP Pemerintah hadir dengan memberikan dukungan selain penyelenggaraan pelatihan SJPH bekerja sama dengan ULS Halal Center Universitas Mulawarman.***