International Seminar Road to G20
Kabar Ibu Kota

Daerah Berikan Masukan Iklim Global Sebelum Presidensi G20

  • IBUKOTAKINI.COM – Pada November 2022 mendatang pelaksanaan Presidensi G20 akan berlangsung di Bali. G20 adalah forum yang menghimpun 20 negara dengan kekuatan e
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Pada November 2022 mendatang pelaksanaan Presidensi G20 akan berlangsung di Bali. G20 adalah forum yang menghimpun 20 negara dengan kekuatan ekonomi maju dan berkembang dalam kepentingan membahas isu-isu penting perekonomian dunia.

Pasalnya, sebelum pelaksanaan G20 di Provinsi Bali pada November mendatang. Kementerian Dalam Negeri selaku kementerian pemangku untuk Engagement Groups Urban20 melaksanakan International Seminar Road to G20 dengan mengusung tema Fostering Collaboration between Cities to Accelerate Solution Towards Climate Change, The Pandemic and Economic Recovery. 

Kegiatan berlangsung secara offline dan online, dan dibuka secara online Plh Kepala Badan Litbang Kemendagri Dr Eko Prasetyanto Purnomo Putro, mewakili Plt Sekretaris Kemendagri Suhajir Diantara di Hotel Mercure City Center, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (24/2/2022).

Eko Prasetyanto berharap International Seminar Road to G20, dapat memberikan pengetahuan bagi seluruh peserta seminar dan rujukan dalam penentuan kebijakan bagi pemerintah daerah khususnya menangani isu-isu perkotaan di Indonesia.

"Kami juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta atas dukungan dalam penyelenggaraan seminar internasional ini. Kami meyakini bahwa hubungan baik dan kolaborasi yang telah terjalin akan membawa kerja sama yang lebih kuat ke depannya," kata Eko.

Penjabat (Pj) Sekdaprov Kaltim Riza Indra Riadi mengatakan, International Seminar Road to G20, dalam rangka persiapan Indonesia menjadi tuan rumah Presidensi G20 pada November mendatang di Provinsi Bali.

"G20 merupakan forum bagi para pemimpin pemerintah G20, di antaranya untuk melakukan hal-hal penting mengenai aksi terhadap iklim global dan penanganan pandemi serta pembangunan berkelanjutan," ujarnya Riza Indra Riadi, usai pembukaan International Seminar Road to G20.

Sebelum pelaksanaan Presidensi G20 di Bali, lanjut Riza, diharapkan ada masukan-masukan dan dukungan pemerintah daerah, baik pemprov maupun pemkot, termasuk Pemprov Kaltim.

"Masukan-masukan dalam aksi terhadap iklim global dan penanganan pandemi serta pembangunan berkelanjutan, tentu sangat diharapkan dari pemerintah daerah, baik itu dari gubernur, wali kota maupun bupati, dalam rangka pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia di Bali," kata Riza Indra Riadi.

Usai pembukaan, International Seminar Road to G20 dilanjutkan paparan berbagai materi yang disampaikan 19 narasumber dari berbagai profesi dan lembaga.