Arsip Tahun 2019
Kabar Ibu Kota

Dampak El Nino, Antrian Pendaftaran Penyaluran Air Tangki PDAM Capai 636 Pelanggan

  • IBUKOTAKINI.COM – Dampak El Nino tengah dirasakan Kota Balikpapan. Dalam satu minggu ini Perusahaan Daerah Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) m
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Dampak El Nino tengah dirasakan Kota Balikpapan. Dalam satu minggu ini Perusahaan Daerah Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) melakukan penggiliran penyaluran air bersih. 

Pasalnya, dua waduk yang menjadi sumber penyaluran air bersih mengalami penurunan. Bahkan sejak 1 Oktober 2023 tercatat jumlah warga yang mendaftar untuk penyaluran air tangki mencapai 636 pelanggan. 

“Dari jumlah antrian baru terlayani 238 pelanggan. Pelayanan sesuai daftar antrian,” ungkap Kepala Sub Bagian Hubungan Pelanggan PTMB, Suryo Hadi Prabowo saat dijumpai Selasa, 10 Oktober 2023. 

Rencananya dalam penyaluran air bersih akan dibuka posko pada pelanggan yang pengalirannya tidak maksimal, dengan melihat hasil evaluasi penggiliran. 

"Rencananya juga akan dibuka posko-posko yang nanti akan menyalurkan air di beberapa titik daerah yang walaupun digilir tetapi aliran tidak maksimal, maka pihaknya akan melihat kelurahan mana yang dominan risikonya," tandasnya. 

Titik posko dikoordinasikan dengan Camat dan Lurah. Posko akan berada di Kelurahan dengan sistem meletakkan beberapa ember atau beberapa drum.

BACA JUGA:

Pihak PTMB juga masih menganalisa selama dua hari terkait pola yang dibuat ini, dan menunggu keluhan yang akan masuk  dengan situasi saat ini. Selanjutnya, akan masuk pola untuk instalasi tahap kedua dengan pendistribusian air pada tanggal 11-12 Oktober 2023.

"Ini kita masih menginventarisir dampak-dampak daerah tertinggi yang walaupun digilir alirannya tidak maksimal. Ini masih disusun," ungkapnya.

Bagi daerah-daerah yang memang sudah terjadwal pendistribusian air tangki tetap dilaksanakan seperti contoh di Gunung Bugis, memang itu jadwal pengantarnya sesuai dengan yang sudah disepakati. "Sebelum pola ini dibuat, mereka sudah enggak ngalir duluan," ujarnya.

Pihaknya mengingatkan kepada pelanggan ketika air mengalir diharapkan tampunglah sebanyak mungkin. Meskipun nanti skenario pendistribusian air bisa ada perubahan, pihaknya melihat situasi nanti pada saat jadwal bergilir kedua. "Evaluasinya seperti apa lagi," ucapnya.

Suryo mengungkapkan sebanyak delapan tangki setiap harinya mengantarkan air kepada para pelanggan, masing-masing tangki mengambil air dari IPA Kampung Damai dan mendistribusikan sebanyak tujuh kali pengantaran. "Itu sampai sore bahkan bisa sampai malam," tutur Suryo.

Ke depan, akan ada bantuan tangki dari tiga dinas yakni Dinas Lingkungan Hidup, BPBD dan Dinas Pekerjaan Umum. "Saat ini kami memaksimalkan yang ada dulu," ucapnya.

Bagi pelanggan yang ingin mengeluhkan antrian air tangki PDAM dapat menghubungi posko tangki di nomor 0857 533 25 315, jikalau pelanggan berkenan berkunjung bisa langsung ke posko tangki, di depan Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang berada di Jalan MT Haryono. (*)