Dampak El Nino Perlu Diantisipasi, Warga Diminta Berhemat Penggunaan Air Bersih Balikpapan
Kabar Ibu Kota

Dampak El Nino Perlu Diantisipasi, Warga Diminta Berhemat Penggunaan Air Bersih Balikpapan

  • IBUKOTAKINI.COM - Dampak El Nino mulai dirasakan Kota Balikpapan. Terbukti dari Informasi pihak manajemen Perumda Tirta Manuntung Balikpa
Kabar Ibu Kota
Bunga Citra

Bunga Citra

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Dampak El Nino mulai dirasakan Kota Balikpapan. Terbukti dari Informasi pihak manajemen Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) waduk Manggar sudah mengalami penurunan.   

Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Operasional PTMB Anang Fadliansyah menjelaskan kondisi level permukaan air di Waduk Manggar saat ini diangka 9,57 meter atau berada dibawah ketinggian normalnya 10,30 meter.

“Ya saat ini permukaan air waduk manggar sebagai sumber baku air PTMB mengalami penurunan 60 centimeter,” ujarnya, Selasa (8/8/2023).

Menurut Anang, dengan kondisi tersebut ketersediaan air baku di PTMB masih bertahan untuk beberapa bulan ke depan. Namun untuk kepastiannya, pihaknya sudah berkonsultasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) IV Kalimantan untuk melakukan perhitungan ulang terhadap keandalan waduk manggar tersebut.

“Maka kita tunggulah data dari mereka sehingga data yang kami sampaikan tidak simpang siur, supaya ada satu kesatuan data yang kami sampaikan kepada media,” ungkapnya.

Dikatakannya, untuk kondisi siaga, hanya terjadi jika air waduk manggar sudah berada di level 7 meter.

“Jika level air waduk 7 meter, maka baru kita akan lakukan pengumuman, penyampaian juga ke pemerintah kota terkait kondisi dari Waduk Manggar. Yang jelas kita banyak-banyak berdoa supaya kota Balikpapan ini diguyur hujan, untuk meningkatkan kapasitas tampung Waduk Manggar itu sendiri,” tegasnya.

BACA JUGA:

Sementara itu, Plt Direktur Utama PTMB, Rita meminta kepada masyarakat untuk bijak dalam menggunakan air. Dengan cara berhemat menggunakan air dan kalau ada hujan maka bisa menampung air hujan untuk digunakan keseharian itu suatu hal yang sangat membantu.

“Mudah-mudahan dampak El Nino ini tidak berkepanjangan, dan akan kembali normal maka kita akan melakukan perbaikan di proses pipa,” ucapnya.

Saat ini PTMB juga telah menerapkan sistem bergilir atau buka tutup untuk mencukupi kebutuhan air bersih di tiap wilayah dengan sumber air baku yang terbatas.

“Yang perlu dipahami, jadi yang biasanya 24 jam mengalir harus bisa berbagi dengan yang berada di kawasan tinggi. Maka kami akan menggunakan sistem tutup buka agar semua kebagian dan tekanan air bisa sampai ke rumah warga yang berada di ketinggian bukit," tuturnya. 

Kota Balikpapan memiliki dua waduk yaitu waduk Manggar dan Teritip. Selain mengandalkan waduk juga ada 4 sumur yaitu di Prapatan, Gunung Sari, Damai dan Kampung Baru. (dra)