Dampingi Dubes Denmark ke IKN, Wali Kota Balikpapan Bakal Benahi Pelabuhan Klotok
Kabar Ibu Kota

Dampingi Dubes Denmark ke IKN, Wali Kota Balikpapan Bakal Benahi Pelabuhan Klotok

  • Seperti fasilitas di darat, laut dan bandara. Untuk Pelabuhan dan bandara tentunya menjadi menjadi kewenangan masing-masing.
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN - Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mendampingi kunjungan Duta Besar (Dubes) Denmark untuk Indonesia, HE Sten Frimodt Nielsen, ke Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Senin 6 Mei 2024. Turut mendampingi kunjungan Penjabat Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik dan Pj Bupati Penajam Paser Utara, Makmur Marbun. 

Wali Kota menyampaikan sebagai Kota Penyangga IKN Kota Balikpapan harus mempersiapkan diri khususnya dalam melengkapi sarana fasilitasnya. 

“Seperti fasilitas di darat, laut dan bandara. Untuk Pelabuhan dan bandara tentunya menjadi menjadi kewenangan masing-masing,” ungkapnya usai turut mendampingi Dubes Denmark ke IKN.

Ia menjelaskan pelabuhan Semayang kerja sama PT Pelindo (Persero) di mana BUMN ini yang memiliki kewenangan dan Kementerian Perhubungan. 

“Minimal standar internasional sama halnya dengan bandara,” ucapnya. 

Untuk itu, pihaknya selalu melakukan koordinasi dengan pihak pengelola pelabuhan. 

BACA JUGA:

Lanjut Rahmad, berbeda dengan pelabuhan speed dan klotok di Kampung Baru, Balikpapan Barat itu kewenangan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan. 

“Kedepan akan kita anggarkan perbaikan dan pembangunan sarana penyeberangan. Begitu juga dengan pelabuhan klotok kita buat aman nyaman. Artinya standar penggunaannya baik di klotok dan speed,” tandasnya.

Ada tiga titik yang menjadi tujuan kunjungan perwakilan Kerajaan Denmark di Indonesia ini. Pertama adalah Rumah Teknologi Nusantara yang merupakan destinasi wisata mengenai konsep dan perkembangan IKN. 

Kedua, Dubes Denmark untuk Indonesia, HE Sten Frimodt Nielsen, didampingi Deputy Head of Mission Mr Per Brixen, Head of Trade Mr Jacob Jepsen, Spouse of Ambassador Ms Pamela Alberta Mondino dan Danish Honorary Consul Surabaya Mr Lesmana Hatanto, meninjau lahan Diplomatic Compound di IKN. 

Ketiga atau yang terakhir, rombongan Dubes Denmark meninjau Miniatur Hutan Hujan Tropis yang letaknya satu lahan dengan lokasi glamping IKN. ***