Desa Bendang Raya Kembangkan Perkebunan Jelang Perpindahan IKN
Kabar Ibu Kota

Desa Bendang Raya Kembangkan Perkebunan Jelang Perpindahan IKN

  • KUTAI KARTANEGARA - Desa Bendang Raya di Kukar terus berupaya mengembangkan potensi perkebunan sebagai bagian dari persiapan menyambut Ibukota Negara (IKN) Nusantara
Kabar Ibu Kota
Robi Sugiarto

Robi Sugiarto

Author

KUTAI KARTANEGARA, IBUKOTAKINI.COM  - Desa Bendang Raya di Kukar terus berupaya mengembangkan potensi perkebunan sebagai bagian dari persiapan menyambut Ibukota Negara (IKN) Nusantara ke wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Kepala Desa Bendang Raya, Muhammaddin, mengungkapkan bahwa desa dengan luasan lahan 2.600 hektar tersebut memiliki potensi besar dalam bidang perkebunan, terutama kelapa sawit, durian, dan alpukat.

Langkah ini sesuai dengan arahan Bupati Kukar, Edi Damansyah, yang bertujuan menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan Kalimantan Timur di kemudian hari.

"Seperti harapan Bapak Bupati, perkebunan di Desa Bendang Raya akan menjadi mitra IKN," ujar Muhammaddin, pada Jumat 10 November 2023.

BACA JUGA:

Dalam mendukung upaya pengembangan ini, Pemerintah Desa Bendang Raya menerima dukungan dan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kukar melalui Dinas Perkebunan (Disbun).

"Kami mendapat bantuan bibit kelapa sawit dari Pemkab Kukar yang dapat kami kembangkan di Desa Bendang Raya," tambahnya.

Selain itu, Muhammaddin juga menyebut bahwa desanya telah menerima bantuan melalui aspirasi anggota DPRD Kukar.

Aspirasi ini difokuskan pada peningkatan badan jalan usaha tani yang menghubungkan ke lokasi perkebunan durian dan alpukat di Desa Bendang Raya.

Peningkatan badan jalan yang dianggarkan melalui aspirasi anggota DPRD Kukar juga mencakup beberapa ruas jalan.

"Semenisasi juga dilakukan di RT 13, 15, dan RT 16, yang bertujuan untuk pengembangan wilayah baru," imbuhnya.

Dengan dukungan ini, Desa Bendang Raya berharap dapat menjadi lokasi yang strategis dan produktif dalam mendukung pembangunan IKN.

Potensi perkebunan yang dikembangkan di desa ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mencapai tujuan menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan Kaltim di masa yang akan datang.