Destinasi Agrowisata Bakal Memberikan Pintu Keindahan Kecamatan Anggana
Kabar Ibu Kota

Destinasi Agrowisata Bakal Memberikan Pintu Keindahan Kecamatan Anggana

  • KUTAI KARTANEGARA - Kecamatan Anggana, yang terletak di bawah naungan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), akan segera mempersembahkan se
Kabar Ibu Kota
Robi Sugiarto

Robi Sugiarto

Author

KUTAI KARTANEGARA, IBUKOTAKINI.COM - Kecamatan Anggana, yang terletak di bawah naungan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), akan segera mempersembahkan sebuah terobosan menakjubkan. Dengan kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah, wilayah ini siap menghadirkan keindahan alamnya melalui pengembangan objek agrowisata.

Camat Anggana, Rendra Abadi, telah memaparkan rencananya untuk merancang objek agrowisata yang tak hanya mempesona mata, tetapi juga meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

"Ke depannya Kecamatan Anggana ini, berencana membuat obyek agrowisata," ucap Camat Anggana Rendra Abadi, pada saat diwawancarai awak media melalui saluran selulernya pada, Jumat 3 November 2023.

Dirinya mengatakan, perencanaan pembangunan objek agrowisata ini, termotivasi dari salah satu tempat wisata yang berada di Kecamatan Anggana yaitu KPJ Play Lane, yang berada di Desa Sungai Meriam.

Lebih lanjut, KPJ Play Lane merupakan tempat wisata keluarga, yang di mana lokasi tersebut menawarkan beragam aktivitas untuk keluarga dan lainnya. Hal tersebutlah, yang mendorong pihak Pemerintah Daerah (Pemda) untuk membuat objek agrowisata, guna tempat berkumpul keluarga dengan sensasi Perkebunan dan Pertanian.

BACA JUGA:

"Di Desa Sungai Meriam ada tempat wisata yang bernama KPJ Play Lane, tempat wisata keluarga, yang disana bakal diliatkan dengan tempat bermain anak. Hal ini yang mendorong inovasi Pemerintah Daerah untuk melakukan pengembangan objek agrowisata untuk merasakan sensasi berbeda dalam berwisata," jelasnya

Sementara itu, Rendra juga menuturkan, dengan bertambahnya objek wisata di Kecamatan Anggana dapat meningkatkan pemasukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menenangah (UMKM) warga lokal.

Untuk saat ini, di Kecamatan Anggana ini memiliki 40 pelaku UMKM lokal, yang sudah terdaftar aktif, dan pihak Pemda rutin memberikan pelatihan.

"Pelaku UMKM lokal yang berada di Kecamatan Anggana sendiri sekitar 40 yang terdata aktif di kami, dari pihak kami, sering melakukan pelatihan untuk pelaku UMKM lokal ini," tuturnya.

Dengan langkah-langkah ini, Kecamatan Anggana berharap dapat menciptakan lapangan kerja, meningkatkan potensi ekonomi, dan memperkenalkan objek wisata menarik kepada para pengunjung. (Adv)