Bibit Kakao
Kabar Ibu Kota

Didukung APBN, Kaltim Fokus Kembangkan Kakao

  • Didukung APBN, Kaltim Fokus Kembangkan Kakao

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM - Dinas Perkebunan Kaltim memperoleh dukungan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Satker 05 Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian tahun 2020.

Anggaran sebesar Rp1,42 miliar diperuntukkan bagi kegiatan perluasan komoditi kakao 100 hektar di Kabupaten Kutai Timur. “Kami telah mengalokasikan anggaran melalui kegiatan perluasan kakao 100 hektar," ungkap Kepala Dinas Perkebunan Ujang Rachmad di Samarinda, Jumat (5/8/2020).

Kegiatan dialokasikan berupa bantuan 100 ribu batang bibit kakao kepada lima kelompok tani di kecamatan Kaubun, Kutai Timur. Kata dia, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menunjang permbangunan perkebunan berkelanjutan di Kaltim.

Tidak hanya fokus pengembangan komoditas unggulan kelapa sawit, namun mengembangkan komoditi unggulan lainnya seperti kakao. Ujang menambahkan dalam upaya mendorong peningkatan kualitas produksi perkebunan juga dialokasikan bantuan pupuk NPK.

“Sebanyak 200 ribu kilogram pupuk NPK untuk perluasan areal kakao ini. Paket bantuan yang diterima petani untuk setiap hektarnya 200 kilogram," imbuh Ujang.