Komunitas Kita

Diet yang Salah Memicu Penyakit Asam Lambung

  • BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM— Akhir-akhir ini banyak di kalangan anak muda yang terkenan penyakit asam lambung. Masalah ini tidak bisa dianggap sepele karena ket
Komunitas Kita
Redaksi

Redaksi

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM— Akhir-akhir ini banyak di kalangan anak muda yang terkenan penyakit asam lambung. Masalah ini tidak bisa dianggap sepele karena ketika asam lambung naik semua aktivitas pun bisa terganggu.

Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan Dokter Andi Sri Juliarty atau yang akrab disapa Dokter Dio mengatakan penyakit ini pada umumnya disebabkan oleh pola makan yang kurang sehat.

"Ya itu bisa jadi dari pola makan yang tidak teratur, suka makan-makanan yang keras, makan makanan pedas, atau rempah-rempah yang terlalu keras bumbunya. Namun harus dicek ke rumah sakit atau dokter agar mengetahui  apa masalah yang diderita," katanya, Kamis (17/8/2023).

Maka dari itu, tambahnya, anak muda harus memastikan punya pola makan yang teratur dan sehat, berolahraga, dan menghindari diet yang salah demi menjauhi penyakit asam lambung.

Indah, salah satu anak muda Balikpapan yang terkena asam lambung, mengatakan bahwa penyakit ini sempat membuatnya terpaksa menginap di rumah sakit selama 10 hari.

"Saya baru keluar dari rumah sakit karena saya suka makan pedas, dan minum minuman soda, tidak suka minum air putih, hasilnya ysng saya dapatkan kena asam lambung naik dan menyebabkan saya terserang vertigo," ujarnya.

Hal serupa juga terjadi pada anak muda lainnya, yakni Maher.

"Kalau saya asam lambung kumat sampai nyeri pada dada dan sakit pada ulu hati, yang parahnya makanan tidak bisa masuk dan terjadi BAB parah, hasilnya masuk rumah salit dan mendapat perawatan jalan," ucap Maher.

Hal ini kemudian membuat Maher kini mulai ketat menjaga pola makan dan mengelola stress. “Harus ketat menjaga pola makan, dan yang terpenting jangan stress, agar asam lambung tidak menyerang," jelasnya. (dra)