Dinas Perdagangan Gelar Temu Usaha dan Produk Lokal Daerah Balikpapan
Ekonomi

Dinas Perdagangan Gelar Temu Usaha dan Produk Lokal Daerah Balikpapan

  • BALIKPAPAN - Dinas Perdagangan Kota Balikpapan menggelar Temu Usaha dan Gelar Produk Lokal Daerah Balikpapan, di Hotel Grand Senyiur Bali
Ekonomi
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Dinas Perdagangan Kota Balikpapan menggelar Temu Usaha dan Gelar Produk Lokal Daerah Balikpapan, di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, pada hari Rabu 22 November 2023.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Balikpapan, Haemusri berharap temu usaha ini bisa memberikan sosialisasi atau informasi kepada seluruh stakeholder yang terkait dengan perdagangan. 

"Kami hanya mengumpulkan beberapa produk lokal untuk bisa ditampilkan dan berbagi informasi kepada teman-teman pelaku usaha, khususnya untuk sektor yang sudah siap untuk ekspor," terangnya.

Kegiatan ini sebagai bukti Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan fokus terhadap pembinaan kepada para pelaku usaha, khususnya untuk produk lokal terkait Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). 

"Wujud kegiatan ini bukti nyata pemerintah memberikan solusi, alternatif sebagai  pemecahan masalah yang dihadapi oleh teman-teman pada pelaku usaha UMKM, bagaimana produk lokalnya siap ekspor," sebut Haemusri.

Hingga saat ini UMKM di Kota Balikpapan berjumlah 10 ribu lebih dan UMKM siap ekspor ada delapan UMKM. Hanya dalam binaan beberapa stakeholder memberikan pelatihan untuk persiapan ekspor. Khusus untuk ekspor produk lokal yang ada di Balikpapan.

BACA JUGA:

Produk lokal UMKM yang diekspor lebih banyak kepada kayu olahan, kemasan manisan. Produk lokal Balikpapan ini lebih banyak diekspor ke wilayah Arab, Jepang dan Cina. "Lebih banyak kayu, yaitu kayu bajaka," ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut, Dinas Perdagangan Kota Balikpapan memberikan penghargaan kepada mitra kerja sebagai ucapan terima kasih dan apresiasi kepada para pelaku usaha lokal yang telah mengembangkan usahanya untuk kegiatan produk lokal yang ada di Balikpapan. "Ucapan terima kasih dari Pemerintah Kota," ungkapnya.

Termasuk, kerja sama dengan beberapa stakeholder baik dari instansi pemerintah, organisasi, universitas maupun perusahaan. Kegiatan yang diikuti para pelaku usaha di Kota Balikpapan baik dari perhotelan, perusahaan, Instansi pemerintahan, organisasi berkumpul dalam temu usaha yang dibuka secara langsung oleh Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Sekda) Kota Balikpapan, Arzaedi Rachman mewakili Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud. (*)