Bisnis

Dinilai Strategis, Pemkot Balikpapan Ajak Daerah ALKI II Ikuti Forum Investasi

  • Pemerintah Kota Balikpapan mengajak daerah yang berada di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II untuk berkolaborasi dalam Forum Investasi atau ALKI II Zone Investment Forum pada Oktober 2023 mendatang.
Bisnis
Redaksi

Redaksi

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Kota Balikpapan mengajak daerah yang berada di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II untuk berkolaborasi dalam Forum Investasi atau ALKI II Zone Investment Forum pada Oktober 2023 mendatang.

Hal ini disampaikan Asisten II Bidang Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Andi Muhammad Yusri Ramli, S.T., M.T., ketika membuka Busiiness Hub-Road To ALKI II Zone Investment Forum 2023 di Hotel Jatra Balikpapan, Senin( 7/8/2023).

Ia mengatakan bahwa sebagai jalur perdagangan dan pelayanan internasional, ALKI II memiliki nilai strategis. ALKI II mencakup selat Lombok, selat Makassar, dan laut Sulawesi menjadi penting dalam posisinya sebagai jalur pendukung utama dari selat Malaka yang sudah amat padat.

“Dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara di wilayah Kalimantan Timur, maka posisi perairan ALKI II semakin strategis. Karena jalur ini menjadi utama dalam pengiriman logistik pembangunan IKN dan kebutuhan pendukung lainnya,” terangnya membacakan sambutan Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud S.E.,M.E.

Untuk itu, pihaknya mengajak peserta yang hadiri untuk berkolaborasi menghadapi tantangan sekaligus tantangan yang ada di depan agar mampu berperan secara optimal meningkatkan nilai ekonomi ALKI II.  

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Balikpapan, Hasbullah Helmi menjelaskan bahwa tujuan dari pelaksanaan Business Hub ini untuk mengajak para pelaku usaha melalui perwakilannya yang hadir untuk memanfaatkan momentum berkumpulkan 11 Pemerintah Provinsi dan 188 Pemerintah Kabupaten Kota, pada agenda Business Matching serta pameran kerajinan dan ekonomi kreatif dalam ALKI II Investment Forum yang diselenggarakan pada 24-29 Oktober 2023.

“Momentum ini diyakini dapat menciptakan peluang bagi para investor dalam menyasar potensi investasi dan perdagangan di kawasan ALKI II sebagai peluang berinvestasi di wilayah sekitar IKN,” ujarnya.

Sehingga, pihaknya mengajak seluruh asosiasi pelaku usaha mensosialisasikan kegiatan ini kepada para pelaku usaha   untuk berpartisipasi dalam ALKI II Zone Investmen Forum dan Nusakraf 2023.  

Business Hub yang digelar hari ini menghadirkan narasumber Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur, Hendik Sudaryanto, General Manager Pentacity dan E-walk Balikpapan Superblock, Yudi Saharuddin dan Kepala Bappeda-Litbang Murni dan Tenaga Ahli Pemkot Balikpapan. (*)