Kepala Dinas Perdagangan Balikpapan Arzaedi Rachman saat sidak ke distribbutor, Selasa (8/3/2022)
Kabar Ibu Kota

Disdag Ingatkan HET Kepada Pedagang Minyak Goreng di Pasar Tradisional

  • IBUKOTAKINI.COM – Keluhan masyarakat yang mendapatkan harga minyak goreng (migor) di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) menjadi perhatian utama Pemerintah Kota B
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Keluhan masyarakat yang mendapatkan harga minyak goreng (migor) di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) menjadi perhatian utama Pemerintah Kota Balikpapan. Bahkan Pemerintah Kota melalui Dinas Perdagangan telah mengeluarkan SE terkait HET. 

Sehingga Dinas Perdagangan memberikan peringatan keras terhadap pedagang di Pasar Tradisional apabila menjual migor di atas HET.  Apabi ditemukan makan tetap ditelusuri sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 6 Tahun 2022 hingga penutupan usahanya.  

“Jelas di Permendag diberikan kewenangan kepada kabupaten kota, nanti berjenjang dalam waktu 14 hari setelah teguran tertulis kita layangkan, ada tindakan berikutnya yakni penyetopan sementara. Bisa saja nanti distributor yang kami stop tidak boleh mendrop ke pasar tersebut, kalau masih menjual di atas HET, ini risiko jadi saya minta pedagang jangan coba-coba menjual di atas HET,” jelas Arzaedi Rachman, Rabu (9/3/2022).

Lanjut Arzaedi, saat ini yang dilakukan menunggu perkembangannya. Apabila tidak menjalankan sesuai permendag tersebut yaitu akan diberikan surat teguran, penghentian sementara, terakhir kita cabut izinnya, kalau pun nanti ada yang main dari tangan ketiga atau keempat, justru itu nanti dibuktikan oleh faktur. 

“Kami juga minta setiap pedagang jangan membeli barang tanpa ada faktur, jadi selama ini kita kucing-kucingan ya itu, kami tanya pedagang tidak dikasih faktur sama distributornya,” kata Arzaedi. 

Pihaknya juga sepakat dengan distributor bahwa dalam penyaluran migor faktur harus di stempel harga HET Rp 14 ribu. “Kita mau membuktikan kalau tidak sesuai kami turunkan sangsi sesuai permendag,” tegasnya. 

Untuk itu, Arzaedi mengajak masyarakat Balikpapan agar berbelanjalah dengan wajar dan bijak menghadapi situasi ini, jangan terbawa kondisi-kondisi yang merugikan diri sendiri. 

“Artinya pemerintah sudah membuat harga Rp 14 ribu, manfaatkan yang ada dulu di rumah, kecuali migor sudah tidak ada lagi, tapi kalau masih ada jangan dulu tergesa-gesa antri,” akunya. 

Dia pun berharap agar kondisi saat ini segera kembali normal. “Harapan kami dengan turun ke lapangan harus ada perubahan, harus ada sinkronisasi dari data yang kami peroleh untuk pasokan migor dari produsen apakah menurun atau tidak,” tuturnya.

Sementara itu, Manajer Operasional Maxi Swalayan, Waluyo mengaku, pihaknya sebagai supermarket lokal di Balikpapan, sempat kaget terkait kebijakan satu harga untuk migor, karena pada saat itu belum ada informasi apa-apa terkait hal tersebut, dan baru berjalan di toko-toko ritel nasional. 

“Karena kita belum tahu, mau gak mau kami ikut menjual dengan harga Rp 14 ribu satu liter dan Rp 28 ribu untuk dua liter, dengan harapan ada penyaluran dari distribusi yang lancar,” kata Waluyo. 

“Waktu itu kami nekat dalam setengah hari, ada kenaikan pembeli migor 6-7 kali lipat dalam sehari,” sambungnya. 

Lanjut Waluyo, sehingga untuk mengantispasi stok kosong pihaknya sempat menggunakan sistem bundling beli Rp 100 ribu baru boleh beli migor, tapi hal ini malah dikeluhkan oleh pembeli.

“Okelah, setelah dikeluhkan dan sempat juga dipanggil pihak KPPU, sistem itu kami hilangkan, kami ini jual migor semata-mata bukan untuk cari omset, tapi supaya yang beli migor ini memang orang-orang yang membutuhkan,” tandasnya. 

Nah akhirnya pembelian migor berganti dengan sistem kuota, setiap satu jam sekali dikeluarkan 4 Karton migor yang isinya 1 karton ada 6 migor ukuran 2 liter. Begitu dikeluarkan belum sampai 15 menit migor tersebut sudah ludes habis, para pembeli ini sudah banyak yang menunggu di luar outlet Maxi. 

“Inilah yang selama ini orang menyangka migor di Maxi itu kosong, padahal belum sampai satu jam kami keluarkan migor sudah diserbu pembeli,” imbuhnya.