Kebutuhan Pangan di Balikpapan dipastikan aman
Kabar Ibu Kota

Disdag Pastikan Kebutuhan Pokok di Balikpapan Aman 

  • IBUKOTAKINI.COM - Kendati harga mengalami kenaikan, Dinas Perdagangan Kota Balikpapan dipastikan aman hingga beberapa bulan ke depan. Hal itu ditegaskan u
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM - Kendati harga mengalami kenaikan, Dinas Perdagangan Kota Balikpapan dipastikan aman hingga beberapa bulan ke depan. Hal itu ditegaskan usai Dinas Perdagangan komunikasi dengan distributor di Balikpapan.

Kepala Disdag Balikpapan, Arzaedi Rachman mengatakan, salah satu peran pemerintah yakni dapat mengakomodir kebutuhan pokok bagi warganya, dengan berkomunikasi ke daerah pemasok, yang wajib memiliki kontrol barang yang mana barang-barang itu kebutuhan pokok bisa dicapaikan.

“Adapun harga komoditi yang naik berdasarkan pantauan kami yakni daging ayam ras yang tadinya Rp32 ribu naik jadi Rp 34 ribu, bayam Rp12 ribu jadi Rp13 ribu, sayur mayur dengan situasi begini akan tambah naik lagi,” jelas Arzaedi Rachman, Jumat (14/10/2022).

Sedangkan komoditi yang turun dalam seminggu terakhir yakni ada telur ayam dari Rp 31 ribu perkg jadi Rp 29 ribu perkg. Cabai merah dan bawang merah.

Adapun untuk ketersediaan bahan pokok yang terdiri dari 11 jenis , seperti beras kebutuhan 248 ton perhari ketersedian yang ada 19.935 ton bertahan sampai 3 bulan kedepan. Kedelai pasokan sampai 5 bulan kedepan, cabai sampai 2 minggu, Bawang merah 2 bulan, gula pasir 3 bulan, tepung 4 bulan, minyak 5 bulan, daging sapi 3 bulan, daging 2 bulan.

“Secara keseluruhan stok di Balikpapan aman, hingga 3 bulan kedepan,” sebutnya.

BACA JUGA:

Di mana pasokan kebutuhan untuk Kota Balikpapan banyak yang berasal dari luar daerah, antara lain Jatim, Sulsel,Sulbar, Sulteng, Jakarta. 

Terkait dengan kebutuhan nantinya menjadi Penyangga IKN. Arzaedi mengatakan tengah melakukan pendataan distributor dengan proyeksi pertumbuhan penduduk.

“Kami saat ini sedang melakukan pendataan pelaku distribusi yang ada di Balikpapan, dan di 2023 melakukan penyusunan kemampuan Kota Balikpapan karena melihat pertumbuhan penduduk naik 1,2 persen dengan adanya IKN diprediksi naik jadi 5 persen,” terangnya.

Untuk itu Disdag Balikpapan melakukan kajian kerjasama dengan daerah pemasok yang berkesinambungan, kondisi cuaca tidak menentu sering terjadi pasokan kita dari sulawesi kosong, larinya ke Jawa.

“Kami juga mengembangkan informasi perdagangan sebagai sarana pemantauajln harga dan stok, yang mana 5 pasar langsung dipantau oleh Kemendag yang sebelumnya hanya 2 pasar,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Perum Bulog Kanwil Kaltimtara, Arrahim K Kanam mengatakan  siap menggelontorkan, jika ada lonjakan permintaan.

“Persediaan beras di gudang saat ini diperkirakan mencukupi hingga akhir Desember 2022,” katanya.

Rahim menjelaskan stok pangan lainnya seperti, gula, minyak goreng,Tepung terigu, daging kerbau sampai dengan daging ayam juga di level aman. Sebagai lembaga yang mengurusi logistik, Bulog tetap berkomitmen menyiapkan beras bagi masyarakat. ###