Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan, Irvan Taufik
Kabar Ibu Kota

Disdikbud Balikpapan Gandeng OPD untuk Verifikasi Validasi PPDB Online 2023

  • IBUKOTAKINI.COM - Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kota Balikpapan menggandeng sejumlah Organisasi Perangkat Daerah untuk melakukan verifikasi dan validasi
Kabar Ibu Kota
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kota Balikpapan menggandeng sejumlah Organisasi Perangkat Daerah untuk melakukan verifikasi dan validasi pada Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online 2023.

Hal ini bertujuan untuk memastikan berkas pendaftar sesuai dengan jalur-jalur yang dibuka pada PPDB tahun ini. Mulai dari jalur afirmasi, prestasi, dan perpindahan tugas orang tua/wali dari peserta didik.

"Seluruh tim verifikator yang kita ambil, dari berbagai jalur itu, antara lain ada jalur prestasi, khusus untuk tahfidz Quran itu dari Kementerian Agama Kota Balikpapan," terang Irvan Taufik, Kepala Disdikbud Kota Balikpapan kepada awak media, Rabu (14/6/2023).

Jalur khusus tersebut, menurutnya, memang membutuhkan pihak Kemenag untuk melakukan verifikasi dan validasi terkait dengan prestasi calon peserta didik. Sebab, jalur prestasi khusus ini memang berbeda dengan prestasi lainnya.

BACA JUGA:

Selain itu, jalur perpindahan tugas orang tua/wali juga memerlukan peran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Balikpapan. Karena, database kependudukan memang lingkup kerja dari dinas terkait.

"Mereka-lah (Disdukcapil) yang tahu, kapan dia (pendaftar) pindah, apakah sudah lebih satu tahun atau tidak," ucapnya.

Sedangkan, pada jalur afirmasi, Disdibkbud menggandeng Dinas Sosial (Dinsos). "Untuk mengetahui yang bersangkutan (pendaftar) itu masuk di kategori afirmasi atau tidak," katanya.

"Nanti semua tim verifikator masing-masing berada di kantornya," lanjutnya.

Ia menekankan, verifikasi dan validasi yang dilaksanakan ini terpusat pada satu layanan yang dilaksanakan oleh Disdikbud Kota Balikpapan. "Sehingga, tidak ada lagi verifikasi di luar dari itu," pungkasnya. 

Sebagai informasi, ada empat jalur pendaftaran yang dibuka untuk menampung peserta didik, yakni jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur prestasi dan perpindahan orang tua atau wali serta jalur reguler.

Selain jalur reguler, jalur-jalur lainnya akan membutuhkan tahapan verifikasi validasi yang akan dilaksanakan bersamaan dengan tahapan pendaftaran dilakukan.

Adapun link pendaftaran PPDB online mulai dibuka pada 26 Juni mendatang. ###