Disdikbud Balikpapan Gencar Gaungkan Peningkatan Literasi dan Penguatan P5
Balikpapan

Disdikbud Balikpapan Gencar Gaungkan Peningkatan Literasi dan Penguatan P5

  • Profil pelajar pancasila yang merupakan visi pendidikan indonesia terpilih, terdapat enam dimensi yakni beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
Balikpapan
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan meningkatkan literasi, numerasi dan karakter Sekolah Dasar (SD) di Kota Balikpapan serta penguatan profil pelajar pancasila, melalui Gebyar Sekolah Dasar Balikpapan, yang berlangsung di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) DOME, pada Rabu, 2 Oktober 2024.

Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar Disdikbud Balikpapan, Triyuni Astuti mengatakan kegiatan yang mengangkat tema "Bangun Komunitas Sekolah Dasar Berkarakter, Wujudkan Profil Pelajar Pancasila" ditujukan kepada 15 orang Pengawas SD, 196 orang Kepala Sekolah Dasar Negeri dan Swasta Se Kota Balikpapan, 60 orang Komite Sekolah terdiri dari orang tua serta 900 Guru SD Negeri dan Swasta Se Kota Balikpapan.

"Siap meningkatkan literasi dan karakter SD di Kota Balikpapan serta penguatan P5 di Kota Balikpapan," jelasnya.

Triyuni menyampaikan latar belakang kegiatan ini menyatukan kegiatan parsial, yang merupakan inisiasi dari Kepala Disdikbud Balikpapan, Irfan Taufik.

BACA JUGA:

"Kami semula melaksanakan kegiatan pembinaan gugus di Kelompok Kerja Guru secara parsial di Kecamatan masing-masing, sehingga sekarang dikumpulkan menjadi satu pada hari ini," katanya.

Lanjutnya Triyuni menerangkan sesuai dengan tema yang diusung, profil pelajar pancasila yang merupakan visi pendidikan indonesia terpilih, terdapat enam dimensi yakni beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.

Kedua kebhinekaan global dan mandiri, gotong royong, kreatif dan yang terakhir berpikir kritis. 

Disdikbud Balikpapan Gencar Gaungkan Peningkatan Literasi dan Penguatan P5

"Itu yang mau kita bangun di komunitas sekolah kita baik jenjang Paud, SD dan SMP. Kami sudah menyampaikan secara antusias tentang profil pelajar pancasila tanpa bantuan orang tua, maka profil pelajar pancasila yang menjadi visi pendidikan indonesia, niscaya tidak bisa terwujud secara optimal," terangnya.

Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan orang tua dan guru terkait dengan karakter building dan cita-cita siswa sejak ini di sekolah dasar. 

"Anak SD itu perlu sudah menanamkan cita-cita sejak dini apa. Para orang tua, guru hendaknya mendampingi anak-anak dalam menggapai cita-cita dan profesi apa yang sejak dini seharusnya mereka sudah diketahui," terangnya.

Kemudian, meningkatkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan P5. Jadi untuk menerapkan, mengimplementasikan dan mencapai enam dimensi perlu melakukan project penguatan. Disisi lain, perlu meningkatkan kualitas pembelajaran dengan meningkatkan literasi, numerasi dan karakter. Serta, ngembangkan mutu sekolah yang anti kekerasan dan tidak ada perilaku negatif.

Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Balikpapan Ahmad Muzakkir mengapresiasi Gebyar Sekolah Dasar yang menjadi ajang penting bagi semua, khususnya bagi para pelajar sekolah dasar, untuk menunjukkan prestasi, kreativitas dan nilai-nilai pancasila yang tertanam dalam diri.

"Kalian adalah masa depan bangsa ini. Ditangan kalian, Indonesia akan terus maju. Kami ingin kalian tidak hanya berprestasi di bidang akademik, tetapi juga tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, kreatif dan memiliki jiwa gotong-royong," ujarnya.

Ahmad mengatakan bahwa pendidikan tidak hanya soal transfer pengetahuan, tetapi juga soal pembentukan sikap dan nilai-nilai. Dengan mengedepankan pendidikan karakter, maka dapat membangun pondasi yang kuat bagi anak-anak untuk menghadapi tantangan masa depan. 

"Mari kita bersama-sama mendukung upaya mewujudkan komunitas sekolah dasar yang berkarakter," ucapnya.

Gebyar Balikpapan Tahun 2024 tidak hanya menampilkan beragam kesenian dari pelajar, tetapi juga diisi dengan pameran pendidikan yang memperlihatkan inovasi dan capai sekolah dasar di Kota Balikpapan.

Kegiatan juga dirangkai dengan seminar yang menghadirkan narasumber dari tenaga ahli Wali Kota Balikpapan, Dinas Komunikasi dan Informatika Balikpapan, DP3AKB Balikpapan, Polresta Balikpapan dan Kepala SD Kemala Bhayangkari.

Terdapat pula, 12 stand terbaik KKKS dari enam Kecamatan di Kota Balikpapan, yang menampilkan hasil implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dari Murid SD. ***