Disdikbud Balikpapan Mulai Produksi Seragam Sekolah Gratis untuk Tahun Ajaran Baru
Balikpapan

Disdikbud Balikpapan Mulai Produksi Seragam Sekolah Gratis untuk Tahun Ajaran Baru

  • BALIKPAPAN - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan telah memulai produksi seragam sekolah gratis untuk tingkat SD d
Balikpapan
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan telah memulai produksi seragam sekolah gratis untuk tingkat SD dan SMP untuk Tahun Ajaran 2024/2025. 

Bantuan ini merupakan program prioritas Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas'ud yang ditujukan kepada peserta didik baru di sekolah negeri, swasta, dan kesetaraan.

Kepala Disdikbud Balikpapan, Irfan Taufik, mengatakan bahwa tahun ini pihaknya langsung memproduksi 100 persen seragam di awal, berbeda dengan tahun sebelumnya yang menunggu peserta didik masuk sekolah untuk pengukuran. Hal ini bertujuan agar peserta didik sudah mendapatkan seragam saat mereka memulai tahun ajaran baru.

Produksi seragam tetap dikerjakan oleh pihak luar Kalimantan karena keterbatasan perusahaan di daerah yang mampu memproduksi dalam jumlah besar. 

"Kerja sama dengan perusahaan luar daerah ini sudah berlangsung beberapa kali dan tidak ada masalah dari segi kualitas, waktu, dan mereka sanggup memenuhi target," ungkap Irfan, pada Senin 1 April 2024.

Percepatan produksi dilakukan karena ukuran baju peserta didik selama dua tahun terakhir tidak jauh berbeda. 

"Lebih dari 90 persen prediksi ukuran baju kami akurat, sehingga produksi sekarang tidak menjadi masalah," terang Irfan.

BACA JUGA:

Disdikbud yakin proses produksi tahun ini akan berjalan lancar tanpa keterlambatan seperti tahun sebelumnya. Pada tahun sebelumnya, 80 persen seragam sudah didistribusikan saat awal masuk sekolah, namun 20 persen mengalami keterlambatan.

Tahun ini, total bantuan seragam mengalami peningkatan sekitar dua hingga tiga persen dari tahun sebelumnya. "Rata-rata permintaan seragam didominasi ukuran M dan L," ujar Irfan.

Peserta didik akan mendapatkan tiga pasang seragam gratis, yaitu seragam nasional putih merah (SD) atau putih biru (SMP), seragam batik, dan pramuka beserta topi dan dasi.

Program seragam sekolah gratis ini diharapkan dapat membantu meringankan beban orang tua dalam mempersiapkan kebutuhan sekolah anak-anak mereka. (*)