Dishub Bersiap Uji Coba Trayek Feeder Angkot
Balikpapan

Dishub Bersiap Uji Coba Trayek Feeder Angkot Balikpapan

  • Dengan adanya rencana angkot dijadikan feeder, maka angkot harus mengantongi izin trayek dari Dishub, apabila hasil uji kir sudah dinyatakan aman. Nantinya juga akan diberikan bantuan seragam bagi para sopir angkot.
Balikpapan
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan bersiap melakukan uji coba trayek feeder. Hal ini untuk mendukung keberadaan angkutan jalan dengan sistem Buy The Service (BTS) yang diberikan Kementerian Perhubungan.

Kepala Dishub Balikpapan, Adwar Skenda Putra meminta setiap pengusaha Angkutan Kota (Angkot), berpartisipasi dalam uji coba feeder yang akan diterapkan dalam waktu dekat.

“Dalam uji coba feeder rencana ada tujuh kendaraan sebagai percontohan. Mereka dapat subsidi juga per bulan untuk operasionalnya. Setiap satu perusahaan bisa ikut satu angkot,” jelasnya kepada media pada Jumat 11 Oktober 2024.

Dishub Balikpapan menerapkan uji coba feeder dengan menggunakan dana dari APBD Perubahan. Meskipun, semua trayek diminta bisa berpartisipasi dalam percontohan feeder angkot, akan tetapi Dishub tetap melakukan seleksi bagi kendaraan feeder. 

“Kita utama melihat dari kondisi angkot. Tetap dilakukan seleksi,” ungkapnya.

BACA JUGA:

Lanjut Edo sapaan karibnya menyampaikan feeder yang akan dilakukan uji coba dalam koridor pertama diantaranya Jalan Ruhui Rahayu, Jalan Sungai Ampal, hingga Gunung Pasira tau Piere Tendean. Yang mana koridor ini banyak permintaan dari masyarakat. 

“Tujuan koridor feeder ini karena kita ingin mendorong siswa sekolah menggunakan angkutan kota,” harapnya.

Dengan adanya rencana angkot dijadikan feeder, maka angkot harus mengantongi izin trayek dari Dishub, apabila hasil uji kir sudah dinyatakan aman. Nantinya juga akan diberikan bantuan seragam bagi para sopir angkot. 

“Satu trayek kita dorong. Bagi jadwal ke ketua trayek untuk melakukan kir,” ujarnya.

Dishub Balikpapan sudah membuka pendaftaran online dan pemeriksaan kendaraan angkot, khususnya untuk pemeriksaan kir dan trayek. Pendaftaran kir dapat dilakukan secara online. 

“Nanti ada petugas yang membantu untuk mengisi formulir pendaftaran online. Jadwal pemeriksaan kir dan trayek kendaraan biasanya pada Jumat dan Sabtu,” pungkasnya. ***