Sekretaris Diskop-UKM Kukar, Thaufiq
Kutai Kartanegara

Diskop-UKM Kukar Dorong Koperasi untuk Berinovasi Usaha

  • Lembaga koperasi saat ini rata rata hanya memiliki jenis satu usaha sesuai dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI).
Kutai Kartanegara
Robi Sugiarto

Robi Sugiarto

Author

KUTAI KARTANEGARA - Dinas Koprasi dan Usaha Kecil Mikro (Diskop-UKM) Kutai Kartanegara (Kukar) mengajak koperasi untuk memperluas usahanya sebagai upaya meningkatkan kontribusi ekonomi lokal. 

Sekretaris Diskop-UKM Kukar, Thaufiq menegaskan bahwa koperasi perlu memanfaatkan peluang usaha lainnya sesuai dengan regulasi yang mengizinkan penambahan jenis usaha.

"Lembaga koperasi saat ini rata rata hanya memiliki jenis satu usaha sesuai dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI)," kata Thaufiq pada Jumat 26 April 2024.

Menurutnya, pihak Koperasi dapat mengambil suatu kegiatan barang atau jasa dari pemerintah daerah. Adapun alasan mereka tidak mau menambahkan jenis usahanya atau KBLI, karena keterbatasan dengan Sumber Daya Manusia (SDM), maupun telah mendapatkan zona nyaman pada bidang usaha Koperasi itu sendiri.

"Koperasi kita belum mau ambil usaha lainnya, banyak hal yang menjadi faktor mereka," ujarnya.

BACA JUGA:

Pemerintah daerah telah membuka peluang dan mendorong, agar Koperasi di Kukar berkembang. Dengan berkembangnya Koperasi tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

"Lembaga Koperasi juga dapat membantu menekan angka kemiskinan, melalui rekruitmen Sumber Daya Manusia (SDM)," tuturnya.

Harapannya, Koperasi di Kukar yang telah dibentuk agar dapat eksis terus dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Sementara peran pemerintah hanya mendorong dan memfasilitasi apa yang menjadi keperluannya. (ADV/DISKOMINFO-KUKAR)