Disnaker Balikpapan Sediakan Pelayanan Kartu AK-1 Untuk Syarat Ikuti JMF 2023
Kabar Ibu Kota

Disnaker Balikpapan Sediakan Pelayanan Kartu AK-1 Untuk Syarat Ikuti JMF 2023

  • IBUKOTAKINI.COM – Salah satu persyaratan untuk dapat berpartisipasi dalam Job Market Fair (JMF) 2023 sebagai pencari kerja (pencaker) ada
Kabar Ibu Kota
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Salah satu persyaratan untuk dapat berpartisipasi dalam Job Market Fair (JMF) 2023 sebagai pencari kerja (pencaker) adalah memiliki kartu AK-1 atau kartu pencaker. Kartu ini diterbitkan oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Balikpapan maupun daerah asal masing-masing sebagai identitas pencari kerja.

Karena mengharuskan untuk memiliki kartu tersebut, Disnaker Balikpapan pun membuka pelayanan untuk registrasi peserta sebagai pencaker atau penerbitan kartu AK-1 dalam kegiatan JMF 2023 yang digelar di BSCC Dome mulai hari ini, Selasa (11/7/2023) hingga besok.

“Yang belum punya AK-1, bisa menguruskan di stand kami di depan. Nanti kami informasikan juga kepada perusahaan kalau AK-1 nya belum terbit, karena load aplikasi memang cukup lama,” jelas Ani Mufaidah, Kepala Disnaker Balikpapan ketika ditemui pada kegiatan tersebut.

“Yang penting sudah teregistrasi,” lanjutnya.

Sementara itu, untuk para pencaker yang berasal dari luar wilayah Balikpapan, maka pengurusan kartu AK-1 ini harus disertai dengan surat keterangan domisili di Kota Beriman yang diterbitkan oleh kelurahan tempat tinggalnya.

BACA JUGA:

Jika memang memungkinkan, pencaker dari luar Balikpapan harus memiliki kartu AK-1 yang diterbitkan oleh Disnaker daerah asalnya.

“Tetapi, untuk AK-1 nya kalau mau lewat Disnaker Balikpapan harus memiliki surat keterangan domisili dari kelurahan. Kalau tidak memiliki surat keterangan domisili, kami tidak bisa mengeluarkan kartu AK-1, otomatis dia harus melengkapi persyaratan AK-1 dari daerah asalnya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, gelaran JMF 2023 ini dilaksanakan pada Selasa (11/7/2023) hingga besok Rabu (12/7/2023) di BSCC Dome mulai pukul 09.00 hingga 16.00 Wita.

Sebanyak 101 perusahaan dengan jenis jabatan sejumlah 48 dan 2.078 formasi atau lowongan disediakan pada JMF 2023. Hal itu juga dalam rangka mengurangi angka pengangguran dan memfasilitasi generasi atau angkatan kerja yang ada di wilayah Balikpapan dan sekitarnya. (Adv)