Ditemukan Kasus Covid 19 di Balikpapan, Wali Kota Ingatkan Warga Kota Jaga Kesehatan
Kabar Ibu Kota

Ditemukan Kasus Covid 19 di Balikpapan, Wali Kota Ingatkan Warga Kota Jaga Kesehatan

  • BALIKPAPAN - Dengan ditemukan satu kasus Covid 19 di Kota Balikpapan. Masyarakat Kota Balikpapan harus menjaga Protokol Kesehatan (Prokes
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Dengan ditemukan satu kasus Covid 19 di Kota Balikpapan. Masyarakat Kota Balikpapan harus menjaga Protokol Kesehatan (Prokes) dengan baik, sebagai pencegahan penularan Covid 19. Pesan ini disampaikan Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud, di Balai Kota pada hari Senin 11 Desember 2023. 

Rahmad mengatakan kasus Covid 19 berasal dari karyawan tambang, meskipun demikian masyarakat Kota Balikpapan harus tetap menjaga kesehatan. 

"Kita jaga kesehatan masing-masing. Yang tau kita sehat atau tidak sehat adalah diri kita. Kalau kita merasa sakit seperti flu di rumah saja atau kalau mau keluar rumah menggunakan masker," jelasnya.

Pemerintah Kota Balikpapan terus mengedukasi kepada masyarakat melalui Ketua RT, agar bisa menjaga Prokes. "Warga jangan ditakut-takuti, nanti warga merasa takut malah ngedrop lagi. Jalan seperti biasa saja. Kita beri edukasi, arti penting menjaga kesehatan," terangnya.

Pemerintah Kota akan menyiapkan pelayanan vaksinasi Covid 19 kepada warga yang belum melengkapi vaksinasi Covid 19.

BACA JUGA:

"Kita sudah bahas tadi (coffee morning), kesiapan mengadakan vaksinasi Covid 19 dan pencegahan," jelasnya.

Terkait pengaktifan Satuan Tugas Satgas Covid 19 di setiap Kelurahan sedang dalam tahap pembahasan dengan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan. 

"Apakah kita fungsikan nanti, tapi tidak seperti kemarin dengan ektrem. Kita beri edukasi kepada warga, melalui lurah dan RT," ucapnya.

Hal yang sama disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, dr Andi Sri Juliarty supaya warga Kota Balikpapan menerapkan protokol kesehatan, untuk mencegah penularan kasus Covid 19.

Sebagai informasi pencegahan yang bisa dilakukan untuk terhindar dari Covid 19 dengan menerapkan 5 M yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, mengindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Termasuk, 3 T yakni Testing, Tracing dan Treatment serta vaksinasi. (*)