Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/BPN Surya Tjandra (baju batik merah)
Kabar Ibu Kota

Ditetapkan IKN, Pemkab Kukar Merevisi Tata Ruang

  • Ditetapkan IKN, Pemkab Kukar Merevisi Tata Ruang

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/BPN Surya Tjandra melakukan kunjungan kerja ke Kaltim. Kunjungannya ke Kabupaten Kutai Kartanegara diterima Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah di Ruang Serbaguna Rumah Jabatan Bupati Kukar, Kamis (13/8/2020).

Surya Tjandra selama kegiatan dan kunjungan didampingi Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) ATR/BPN Kaltim, Asnaedi dan jajaran pejabat Kementerian ATR/BPN.

Dalam pertemuan, Bupati Edi Damansyah mengungkapkan saat ini Pemkab Kukar sudah mengajukan revisi tata ruang kabupaten, terlebih setelah penetapan ibukota negara (IKN) di Kaltim meliputi Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

"Disana ada kawasan lindung dan HTI. Kami hanya ingin ada solusinya, sebab kalau tidak disikapi maka program tata ruang IKN tidak bisa menyelesaikan masalah antara kawasan inti dengan daerah-daerah sekitarnya," kata Edi.

Hal ini lanjut Edi penting, sebelum finalisasi tata ruang IKN yang berada di wilayah Kukar. Tentunya ujarnya, sebagai jaminan kepastian dan dasar pengembangan kawasan IKN itu sendiri.

Kepastian tata ruang juga sangat strategis dalam mendukung pertumbuhan investasi di daerah. Selain pengembangan investasi yang ada, juga mendatangkan investasi-investasi baru ke daerah, sehingga turut memacu dan menggerakkan pertumbuhan ekonomi.

"Semoga IKN ini jadi dan segera terwujud. Kami dan seluruh masyarakat disini sangat mendukung," ungkapnya.

Usai pertemuan dengan Bupati Edi Damansyah, Wamen ATR/BPN meninjau Kantor ATR/BPN Kutai Kartanegara. Selama peninjuan, Wamen bersama rombongan Kementerian ATR/BPN didampingi Kepala Kantor ATR/BPN Kutai Kartanegara Herman Hidayat.

Puas berbincang dengan stafnya di Kantor Pertanahan ATR/BPN Kukar, sekaligus meninjau pola/sistem pelayanan dan kondisi kantor. Wamen menyudahi pertemuannya dengan jajaran Kantor ATR/BPN Kukar.

Wamen melanjutkan kunjungannya ke Kantor Wilayah ATR/BPN Kaltim Jalan M Yamin Samarinda. Selain silaturahim, juga berkoordinasi terkait kegiatan dan pelayanan bidang pertanahan di Kaltim.
Dan berakhir di Kantor Pertanahan ATR/BPN Kota Samarinda.