Kepala DKK Balikpapan Alwiati
Tren

DKK Balikpapan Bagikan Tip Sehat Selama Lebaran

  • Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan membagikan tips untuk menjaga kesehatan agar tetap bugar dan beraktivitas dengan optimal. Karena yang perlu diingat dalam merayakan hari raya idulfitri, warga maupun pemudik untuk tetap menjaga pola makan yang teratur
Tren
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – Menyambut Hari Raya Idul Fitri, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan membagikan tips untuk menjaga kesehatan agar tetap bugar dan beraktivitas dengan optimal.  Karena yang perlu diingat dalam merayakan hari raya idulfitri, warga maupun pemudik untuk tetap menjaga pola makan yang teratur. 

“Karena biasanya pada saat lebaran pola makan Kembali tidak teratur, sehingga muncul penyakit seperti diare, hipertensi dan kolesterol,” kata Kepala DKK Balikpapan, Alwiati pada Senin 8 April 2024. 

Selain pola makan yang teratur, menurutnya, makanan yang dikonsumsi juga harus terkontrol. “Jangan setelah berpuasa dan mau berlebaran makan yang berlebihan. Biasa penyakit yang timbul setelah lebaran itu ada diare, hipertensi, kolestrol,” tandasnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat yang melakukan perjalanan atau pemudik untuk menjaga kesehatan dan memperhatikan pola makan yang sehat. Bagi pemudik, lakukan pemeriksaan kesehatan sebelum berangkat. Karena semua menginginkan mudik lebaran dengan sehat, ceria dan penuh makna. 

“Jangan sampai berlibur tapi melupakan pemeriksaan kesehatan,” tandasnya. 

BACA JUGA:

Selama mudik lebaran. Bagi pemudik dapat memanfaatkan pemeriksaan kesehatan baik faskes, posko di jalur mudik dan tempat wisata. Istirahat yang cukup, saat lelah pengendara yang membawa mobil harus istirahat.

“4 jam sekali harus istirahat kalau perjalan jauh,” ujarnya. Alwiati menambahkan, selain jaga kesehatan, Pemudik untuk mengkonsumsi makanan bergizi dan sering minum air putih yang cukup. 

“Juga hindari merokok saat menyetir, dan gunakan masker jika sakit,” sebutnya. Jika memiliki penyakit atau komorbid siapkan obat dan resep dokter. Dan lakukan pemeriksaan lebh dulu ke dokter dan minum obat sesuai petunjuknya,” imbuhnya. 

Sementara itu, untuk pelayanan Kesehatan Selma libur lebaran. DKK Balikpapan tetap membuka layanan Puskesmas. Di mana ada tujuh Puskesmas yang membuka layanan 24 jam. 

Hal itu tertuang dalam surat edaran Dinas Keshatan (Dinkes) Tujuh puskesmas tersebut yakni Puskesmas Sepinggan, Puskesmas Mekar Sari, Puskesmas Klandasan Ilir, Puskesmas Baru Ulu, Puskesmas Karang Joang, Puskesmas Manggar Baru dan Puskesmas Kariangau. 

Sedangkan puskesmas lainnya tetap buka saat libur lebaran yakni pada tanggal 8, 9, 12, 13, dan 15 April 2024, meskipun tidak 24 jam. ***