DKK Balikpapan Lakukan Pendampingan Kesehatan Seluruh Petugas Pemilu 2024
Politik

DKK Balikpapan Lakukan Pendampingan Kesehatan Seluruh Petugas Pemilu 2024

  • BALIKPAPAN - Sesuai Surat Edaran dari Kementerian Kesehatan untuk selalu melakukan pendampingan kesehatan terhadap seluruh petugas Pemili
Politik
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Sesuai Surat Edaran dari Kementerian Kesehatan untuk selalu melakukan pendampingan kesehatan terhadap seluruh petugas Pemilihan Umum (Pemilu), salah satu senam bersama petugas pemilu.

Kegiatan senam bersama petugas pemilu  dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, mulai tanggal 2-9 Februari 2024.

"Kita secara bersama-sama berkolaborasi, bersinergi dapat melaksanakan surat edaran dari pemerintah pusat. Hari ini adalah momentum untuk kami mengajak mengingatkan petugas pemilu untuk memperlakukan atau melakukan aktivitas fisik setiap hari," ucap Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, dr Andi Sri Juliarty saat melaksanakan senam bersama petugas pemilu, di Halaman Asrama Haji Embarkasi Balikpapan, pada hari Minggu 4 Februari 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk memelihara kebugaran para petugas pemilu, sehingga dapat bekerja dengan baik dan terhindar dari penyakit. 

"Jadi besok mohon dilanjut lagi di rumah atau di tempat mana berkumpulnya selama 30 menit setiap hari," terangnya.

Dio biasa dipanggil mengatakan bahwa petugas pemilu dalam bertugas memerlukan aktivitas fisik yang cukup berat. Oleh karenanya, harus memperhatikan kesehatan dengan berolahraga, tidur yang cukup, minum air yang cukup, memilih makan yang sehat dan berserat. 

BACA JUGA:

"Petugas pemilu dipastikan mempunyai kartu BPJS yang aktif," katanya.

Bagi petugas pemilu yang memiliki penyakit-penyakit kormobid seperti hipertensi, diabetes dan lain-lain, maka diharap supaya menyempatkan untuk melakukan kontrol di puskesmas  masing-masing. 

"Obat yang diberikan agar diminum secara teratur dan saat pelaksanaan juga melakukan kegiatan secara sehat," ujarnya.

Petugas pemilu setelah melaksanakan senam bersama, melakukan pemeriksaan kesehatan seperti pemeriksaan tekanan darah, kolestrol, asam urat dan gula darah. Hal ini sebagai salah satu upaya memberikan pendampingan kesehatan kepada petugas pemilu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan, Noor Thoha mengatakan pada tanggal 14 Februari 2025 akan melaksanakan tugas berat. Untuk menjaga badan tetap sehat, maka petugas pemilu salah satunya dengan senam bersama.

"Jangan sampai pada tanggal 14 Februari 2024 kita mengalami gejala meriang. Kita harus waras (sehat). Bapak ibu tidak usah memikirkan yang menang siapa, tetapi tugasnya mengawal pemungutan dan perhitungan suara," katanya. (*)