Wali Kota Balikpapan saat memberikan keterangan kasus covid-19
Kabar Ibu Kota

DKK Diminta Persiapkan Tempat Penyimpanan Vaksin

  • DKK Diminta Persiapkan Tempat Penyimpanan Vaksin

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Dinas Kesehatan Kota (DKK) Kota Balikpapan diminta mempersiapkan data jumlah tenaga medis yang akan membantu pemberian vaksin covid-19. Data tersebut dipersiapkan menyusul pemerintah tengah mempersiapkan vaksin.

Selain diminta mempersiapkan data tenaga medis. Pemkot Balikpapan juga diminta mempersiapkan tempat-tempat penyimpanan vaksin.

“Kami juga mulai diarahkan (menyiapkan) tempat tempat penyimpanan vaksin, karena rantai vaksin ada suhu tertentu dan sebagainya itu yang harus dijaga,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty dalam konfrensi pers, Rabu (18/11/2020).

Selain itu, Pemerintah Daerah juga diminta untuk mendata jumlah tenaga medis yang nanti akan membantu melakukan vaksinasi. Termasuk mendistribusi dan menyiapkan teknis di lapangan ketika melakukan vaksin

 “Kita diminta bagaimana distribusi, bagaimana tekhnis di lapangan terutama tempat penyimpanan vaksin, dan kemungkinan vaksin itu akan di droping melalui Balikpapan lagi,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Andi Sri Juga meluruskan pemberitaan yang menyebutkan, Kaltim akan mendapatkan kuoata 2,2 juta vaksin covid-19 seperti yang termuat dalam akun resmi Pemerintah Provinsi Kaltim.

“Kemudian kami melaporkan juga tadi mengenai vaksin  ada yang mengatakan 2,2 juta, ada yang bilang 22 ribu itu tidak benar,” ujarnya.

Dalam rapat kordinasi teknis (rakontek) Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) yang digelar Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim di Samarinda dan dihadiri seluruh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota.

“Jadi tadi Kadinkes Provinsi meminta kepada kami menyampaikan bahwa itu tidak benar, beliau pun tidak tahu,” ujarnya

Kata dian hingga kini belum diketahui, berapa jumlah vaksin covid-19 yang akan diberikan ke Kaltim. “Jadi beliau meminta kami untuk meralatnyam bahwa belum ada alokasi untuk Kaltim berapa jumlah vaksin yang akan diberikan,” ujarnya.