Kepala DKUMKMP Balikpapan Heruressandy
UMKM

DKUMKMP Balikpapan Ajak Hotel dan Mal Promosikan Produk Lokal UMKM

  • IBUKOTAKINI.COM – Mempromosikan produk usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) di Balikpapan salah satu bagian dari program Pemerintah Kota. Dinas Ko
UMKM
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Mempromosikan produk usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) di Balikpapan salah satu bagian dari program Pemerintah Kota. Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan mengajak sejumlah stakeholder hotel dan mal untuk membantu mempromosikan produk UMKM lokal.

Promosi dengan memberikan ruang UMKM mempromosikan produk. Ruang atau pojok UMKM ini sudah terlihat dari sejumlah hotel di Balikpapan. 

Kepala DKUMKMP Kota Balikpapan Heruressandy mengatakan, saat ini sudah ada sejumlah produk olahan makanan dari UMKM Kota Balikpapan yang masuk mal dan hotel, salah satunya di Balikpapan Super Blok (BSB) dan Hotel Platinum dan Grand Senyiur serta Novotel.

“Untuk di hotel itu bervariasi produk makanannya, begitu juga di BSB ini sudah ada produk olahan makanan yang bahkan sudah disajikan di kamar-kamar hotel,” terang Heruresandy pada Sabtu 28 Oktober 2023.

Dalam hal ini DKUMKMP sebagai fasilitator antara pihak UMKM dengan Mal atau perhotelan. Karena kedua belah pihak inil yang akan memutuskan bagaimana kerja sama mereka apakah kontrak sambung putus atau kontrak untuk barang satuan.

BACA JUGA:

“Evaluasi tentu juga akan dilakukan, dengan melihat produk mana yang disukain konsumen baik hotel dan mal dengan melihat kuitansi pesanan atas produk, semakin banyak kuitansinya artinya produk itu disenangi,” tandasnya.

Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh stakeholder untuk berkolaborasi dan sinergi baik itu UMKM perorangan maupun UMKM yang kelompok masyarakat.

“Kami melakukan kerja sama dengan semua pihak, baik perhotelan swasta dan pemerintahan agar punya pojok sudut UMKM, minimal untuk mempromosikan produk UMKM,” ucapnya.

Ajakan itu dilakukan sesuai Surat Keputusan Wali Kota yang dikeluarkan tahun 2023. Promosi produk UMKM lokal ini juga disambut oleh bandara atau Angkasa Pura I. 

“Akhir tahun ini rencananya kita akan membuka tempat di bagian keberangkatan yang ada di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan sampai setahun ke depan,” tambahnya. ***