Dorong Masyarakat Hidup Sehat, Pemkot Balikpapan Gelar Olahraga Osteoporosis
Kabar Ibu Kota

Dorong Masyarakat Hidup Sehat, Pemkot Balikpapan Gelar Olahraga Osteoporosis

  • IBUKOTAKINI.COM - Ratusan warga Kota Balikpapan melaksanakan senam sehat, dalam rangka memperingati Hari Osteoporosis Nasional (HON) Tahun 202
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Ratusan warga Kota Balikpapan melaksanakan senam sehat, dalam rangka memperingati Hari Osteoporosis Nasional (HON) Tahun 2023. Kegiatan yang diinisiasi Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) Kalimantan Timur (Kaltim), berlangsung di Balikpapan Sport Convention Center (BSCC/DOME), pada Minggu 22 Oktober 2023. 

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan, Ratih Kusuma saat mewakili Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud mengajak setiap warga Balikpapan untuk mengambil langkah kecil dan menjaga kesehatan tulang dengan mulai makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur dan berkonsultasi dengan dokter.

"Mari kita bersama-sama berkomitmen menjaga kesehatan tulang kita dan mendorong upaya pencegahan Osteoporosis di Kota Balikpapan," ungkapnya membacakan sambutan Wali Kota.

Pemerintah Kota Balikpapan terus berupaya meningkatkan kesadaran tentang Osteoporosis dan mendorong warga untuk hidup sehat. Meskipun, perubahan itu dimulai dari diri sendiri. 

"Penting bagi kita untuk memahami dampak dan langkah yang kita ambil untuk mencegahnya," terangnya.

Namun, perubahan yang sebenarnya dimulai dari sendiri. Untuk itu, pihaknya mengajak setiap warga Balikpapan untuk mengambil langkah-langkah kecil untuk menjaga kesehatan tulang. 

“Mulailah dengan makan makanan sehat, berolahraga secara teratur dan berkonsultasi dengan dokter secara rutin.” pesannya. 

BACA JUGA:

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Nurlena Mas'ud mengapresiasi kepada Perwatusi Kaltim yang telah membantu mencegah Osteoporosis kepada warga Kota Balikpapan. 

Sebagai upaya pencegahan Osteoporosis sebaiknya dilakukan sejak dini, untuk mendapatkan perkembangan masa tulang yang optimal, tidak ada kata terlambat untuk memulai melakukan langkah pencegahan, walaupun usia jauh dari fase anak-anak atau remaja.

Untuk itu, masyarakat harus mengawali hidup sehat dengan berhenti merokok, mengurangi konsumsi minuman alkohol, berolahraga secara rutin dan mengonsumsi suplemen kalsium pendukung jika dibutuhkan. Hal ini dapat mencegah Osteoporosis.

Salah satunya dengan melaksanakan senam pencegahan Osteoporosis tidak hanya untuk dewasa dan lansia saja tetapi juga untuk remaja, karena kesehatan tulang harus dimulai sejak dini. Dengan badan yang sehat dan tulang yang kuat harapan masyarakat akan lebih produktif baik dimasa sekarang juga dimasa yang akan datang. ***