Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Pemkot Balikpapan Jalin Kemitraan UMKM
UMKM

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Pemkot Balikpapan Jalin Kemitraan UMKM

  • Pemkot Balikpapan berupaya untuk membantu UMKM agar dapat berkembang dan maju. salah satu upaya yang dilakukan adalah menjalin program kemitraan antara usaha besar dengan UMKM.
UMKM
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – Dorong pertumbuhan ekonomi, Pemerintah Kota Balikpapan mengapresiasi terselenggarannya kemitraan UMKM melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP). 

Hal ini disampaikan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud dalam pesan tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kota Balikpapan, Neny Dwi Winahyu dalam rangkaian kegiatan Kemitraan UMKM di Grand Tjokro pada Kamis 16 Mei 2024. 

Dalam kesempatan itu, pihaknya berharap kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk memperkuat sinergi antara pelaku umkm dengan usaha besar, serta mendorong kemajuan dan daya saing umkm di Kota Balikpapan.

“UMKM adalah sektor penting dalam perekonomian Indonesia yang punya peran besar dalam menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan mendorong pertumbuhan ekonomi,” ungkap Neny.

Karena itu, Pemkot Balikpapan berupaya untuk membantu UMKM agar dapat berkembang dan maju. salah satu upaya yang dilakukan adalah menjalin program kemitraan antara usaha besar dengan UMKM.  

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada delapan hotel dan empat perusahaan yang ada di Kota Balikpapan hari ini menerima piagam penghargaan atas kontribusinya membangun kemitraan bersama UMKM,” imbuhnya.

BACA JUGA:

Di tempat yang sama Kepala DPMPTSP Kota Balikpapan Hasbullah Helmi mengatakan, pemberian penghargaan kepada para pelaku usaha yang sudah melakukan kemitraan dengan UMKM. Kemudian melakukan sosialisasi kepada para pelaku usaha yang belum melakukan kemitraan bersama UMKM yang ada di Balikpapan.

“Intinya kita berdayakan UMKM bagaimana mereka temukan dengan perusahaan baik kecil hingga besar biar dibina,” terang Hasbullah Helmi.

Ia mencontohkan Hotel Jatra sudah lakukan kemitraan di kamar hotel snacknya ambil di UMKM. Pastinya UMKM juga harus berbenah produknya terjamin halal sehingga kemitraannya bagus. Sektor UMKM bukan hanya makanan tapi juga ada ATK, perlengkapan.

“Sudah ada 30 UMKM yang bermitra dengan perusahan di segala bidang,” sebutnya.

Pihaknya berharap bermitra makin banyak dan UMKM mempersiapkan diri untuk ikut kemitraan. Karena ikut membantu memasarkan prodak-produk UMKM.

“Sehingga jika UMKM kuat maka perekonomian di daerah juga akan bagus,” tutupnya. (*)