Perpustakaan harus menjadi sahabat bagi anak-anak, menciptakan lingkungan yang merangsang minat baca
Kutai Kartanegara

DP3A dan Diarpus Kukar, Bangun Sinegritas Ciptakan Ruang Baca Anak

  • Perpustakaan harus menjadi sahabat bagi anak-anak dalam menciptakan lingkungan yang merangsang minat baca.
Kutai Kartanegara
Robi Sugiarto

Robi Sugiarto

Author

KUTAI KARTANEGARA - Dinas Permberdayaan Perempuan dan Anak (DP3A) Kutai Kartanegara (Kukar), berupaya membangun sinergritas dengan Dinas Kearsipan dan Perpusatakaan (Diarpus), guna menciptakan ruang baca ramah anak.

Hal ini disampaikan oleh, Jabatan Fungsional (Jafung) Pembimbing Kemasyarakatan, Saipul Anwar mengatakan, menegaskan pentingnya perpustakaan sebagai sumber informasi yang mendukung pertumbuhan minat baca anak-anak. 

“Perpustakaan harus menjadi sahabat bagi anak-anak, menciptakan lingkungan yang merangsang minat baca mereka,” ucap Anwar pada Jumat 19 April 2024.

Dia menyampaikan, penilaian kelayakan ruang baca ramah anak di perpustakaan dapat dibuktikan dengan data kehadiran anak di perpustakaan tersebut. 

BACA JUGA:

Lanjutnya, contoh perpusatakaan itu dapat dilihat di sekolah-sekolah seperti Man 2 Tenggarong dan SMP 3 Tenggarong. Secara data pengunjung layak dikatakan ruang baca anak.

"Ketika perpustakaan menjadi bagian hidup anak-anak, mereka akan memiliki kecerdasan yang lebih baik di masa depan," tambahnya.

Dengan optimis Anwar menyebutkan, DP3A berkomitmen untuk terus mendukung dan memperkuat upaya-upaya yang melibatkan perpustakaan sebagai bagian integral dari pendidikan dan pembangunan anak-anak.

“Ketika perpustaan hidup maka, anak anak kita bakal lebih cerdas kedepannya,” tandasnya. (ADV/DISKOMINFO-KUKAR)