DP3AKB Balikpapan Luncurkan Mini Project bagi Mahasiswa KKN
Kabar Ibu Kota

DP3AKB Balikpapan Luncurkan Mini Project bagi Mahasiswa KKN

  • IBUKOTAKINI.COM - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Balikpap
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Balikpapan menggagas mini project bagi Mahasiswa yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kota Balikpapan. 

Kepala DP3AKB Kota Balikpapan, Alwiati membenarkan gagasan itu untuk melatih mahasiswa mahasiswi, agar selama mengikuti KKN benar-benar mendapatkan ilmu yang bermanfaat, tidak hanya sekedar KKN saja.

"Mereka kan sudah mahasiswa ya, tentu harus menghasilkan satu program yang bermanfaat untuk masyarakat," ujarnya kepada Ibukotakini, pada hari Jumat (20/10/2023) usai pelepasan KKN STAI Balikpapan di Rumah Jabatan Wakil Wali Kota Balikpapan.

Alwi sapaan karibnya mencontohkan mahasiswa KKN membuat satu produk UMKM, walaupun itu hanya produk dasar. "Mereka melakukan pembinaan UMKM, sehingga ada masyarakat yang bisa terangkat ekonomi," ungkapnya.

BACA JUGA:

Tak hanya itu, adapula peserta KKN melakukan pendampingan sosialisasi, untuk membantu pemerintah. "Berapa jumlah sasaran. Boleh juga dia melakukan upaya percepatan penanggulangan stunting. Yang terpenting ada yang bermanfaat," terangnya.

Alwi mencetuskan program ini sejak dirinya memimpin DP3AKB. Ia menginginkan anak-anak itu tidak hanya datang meminta izin saja, tetapi harus bisa mempunyai inovasi yang dapat bermanfaat untuk dirinya dan masyarakat dilingkungan tempat melakukan KKN. "Ini yang saya terapkan pada mahasiswa KKN," ungkapnya.

Mini project inu nantinya akan dipaparkan di Kantor DP3AKB Balikpapan, karena ini bagian daripada tugas dari DP3AKB.